Dinas PU Kapuas Bagikan Kompor Gas Metan Kepada Warga Sekitar TPA Palingit

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kapuas melalui Bidang Pertamanan dan Kebersihan mulai menyalurkan kompor gas metan kepada warga di sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Handil Palingit, Kecamatan Pulau Petak.

Pembagian kompor gas metan tersebut dipimpin langsung Kepala Bidang Pertamanan dan Kebersihan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Kabupaten Kapuas Ahmad Isnaeni.

“Untuk tahap pertama kompor gas metan kami bagikan sebanyak sepuluh unit dan itu kami berikan secara gratis, tetapi syaratnya warga harus membuang sampah ke TPA,” katanya kepada Menaranews.com di Kuala Kapuas, Senin (29/5/2017).

Rencananya kompor gas metan tersebut akan kembali mereka bagikan kepada warga sekitar TPA usai lebaran Idul Fitri. “Rencana sepuluh unit kompor lagi kami bagikan usai lebaran nanti,” ujarnya.

Adapun bahan bakar gas metan yang dihasilkan dari tumpukan sampah TPA Handil Palingit disalurkan kepada warga melalui sistem perpipaan. “Dengan sistem perpipaan ini gas metan yang kami salurkan bisa langsung digunakan masyarakat,” ungkapnya.

Menurut Isnaeni kompor yang mereka bagikan kepada warga jenisnya sama dengan kompor gas biasa, namun khusus gas metan kompor tersebut dimodifikasi. “Jenisnya kompor sama dengan kompor gas biasa, cuma yang kita bagikan ini sudah dimodifikasi dengan sistem buka tutup kran saja. Kalau apinya pakai korek api,” jelasnya.

Ia berharap bisa mendapatkan dukungan dana dari pemerintah setempat sehingga dapat lebih mengembangkan program gas metan tersebut. “Mudahan-mudahan dari segi pendanaannya kita mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah sehingga program gas metan bisa lebih kita kembangkan lagi,” harap Isnaeni.(irf)

Editor: Hidayat

 

Comments
Loading...