Dana Desa Mukomuko Tahap Pertama Siap Dicairkan

 

MENARAnews, Kab, Mukomuko (Bengkulu) – Sebanyak 69.035.118 rupiah alokasi dana desa tahap pertama sudah berada di rekening negara dan akan dikucurkan pada bulan mei ini hanya menunggu pengesahan RAPBDES dari Bupati.

Menurut Kepala Dinas PMD Mukomuko, Saroni pihaknya mengharapkan evaluasi dan pembahasan RAPBDES tersebut cepat diselesaikan oleh pihak pemerintah desa karena diketahui saat ini hanya 31 dari 148 desa yang telah menyelesiakan RAPBDES tersebut.

“Sebanyak 69 miliar rupiah lebih alokasi dana desa dari pemerintah pusat  akan dicairkanpada bulan mei ini, tinggal menunggu pengesahan dari Bupati Mukomuko terkait RAPBDES yang saat ini belum selesai dievaluasi’, ujar Saroni.

Menurut Saroni, jumlah ini merupakan total pencairan tahap pertama sebesar 60 persen sementara 40 persen nantinya akan dicairkan pada tahap kedua mendatang.

“kami sangat menyayangkan evaluasi RAPBDES yang semestinya telah selesai namun masih molor lantaran dari 148 desa yang ada di kabupaten mukomuko hanya 31 diantaranya telah menyelesiakan RAPBDES tersebut.

Selain itu Saroni juga menyampaikan bahwa dana desa dari pemerintah daerah juga telah disiapkan.

“sementara untuk dana desa dari pemerintah daerah sebanyak 54 miliar juga siap” ujar Saroni. (AL)

Comments
Loading...