Cegah Paham Radikal Pada Pelajar, FKPT Kalteng Adakan Workshop Video Festival

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Dalam rangka menanamkan kecintaan para pelajar dan pemuda terhadap Bansa dan Negara sehingga tidak mudah terpengaruh dengan paham-paham radikal yang muncul disekitarnya, Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Kalteng bekerjasama dengan Badan Nasional Pencegahan Terorisme (BNPT) mengadakan kegiatan Workshop BNPT Video Festival dengan tema “Di Bawah Sang Merah Putih,” Rabu (17/05) di Aula Hotel Luansa Palangka Raya.

Ketua FKPT Provinsi Kalteng Nurul Edy dalam sambutan laporan yang dibacakan Titik Sudari Kepala Bidang Pemuda dan Perempuan menyampaikan, kegiatan workshop tersebut juga bertujuan memberikan pelatihan kepada pelajar untuk menyalurkan bakat dan kreatifitasnya sekaligus sarana perpaduan gagasan dalam pencegahan paham radikalisme.

“Dan bertujuan untuk meningkatkan sinergitas antara lembaga dalam merumuskan langkah kebijakan yang tepat dalam pencegahan terorisme. Dalam kegiatan ini juga, kita menghadirkan beberapa narasumber, seperti dari BNPT Andi Intan Dulung, Aktris Film seperti Lidia C. Noer, Dyah Kusumawati dan Ketua KNPI Kalteng Fairid Naparin,” jelasnya.

Berkenaan dengan kegiatan tersebut, Pemerintah Daerah Provinsi Kalteng yang diwakili staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Yuel Tanggara ketika diwawancarai menyampaikan atas nama Pemerintah Provinsi Kalteng memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada penyelenggara.

“Kita juga sangat mendukung Kegiatan yang diselenggarakan oleh FKPT Provinsi Kalteng menyelenggarakan dialog ke pemuda, pelajar dan masyarakat dalam upaya pencegahan terorisme. Kita berharap pemahaman generasi muda kita paham tentang bahaya radikalisme,” jelas Yuel Tanggara.

Sebagaimana kita ketahui, ujarnya kembali, pemuda dan pelajar sangat rentan tehadap pemahaman radikalisme yang saat ini boleh dikatakan semakin berkembang, dan kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah untuk menghalau hal tersebut.

Beberapa peserta workshop yang notabene adalah pelajar di Palangka Raya seperti Eva, Alisa dan Murni, kegiatan mengenai workshop terkait terorisme jni dinilai sangat bagus sekali, apa lagi pesertanya kebanyakan dari kalangan pelajar.

“Kita pelajar sangat senang jika diajak untuk kegiatan-kegiatan yang positif. Memang di sekolah belum ada disampaikan secara langsung seperti ini. Dan kami baru kali ini mengikuti kegiatan yang seperti ini,” ujar Eva ketika diwawancarai menaranews.com usai kegiatan.

Salah satu narasumber yang berhasil diwawancarai menaranews.com yakni Ketua KNPI Kalteng Fairid Naparin menyampaikan, Kegiatan dialog seperti ini tentunya sangat bagus sekali dilaksanakan, belum lagi pesertanya adalah para pelajar dan pemuda yang masih memiliki sikap yang labil dan perlu pemahaman tentang cinta tanah air dan bela negara.

“Tentunya hal ini sangat mengkhawatirkan dan sangat mudah terpengaruh dengan pemahaman-pemahaman akan paham radikalisme sehingga menggerus jiwa dan rasa NKRInya. Kegiatan ini juga tentunya memperkokoh diri pelajar dan pemuda agar tidak mudah terpengaruh akan paham radikalisme itu sendiri,” tutup Fairid Naparin.(arli)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...