Bupati Pulpis: Banyak Perusahaan Belum Laporkan Jumlah Tenaga Kerjanya

MENARANews, Pulang Pisau (Kalteng) – Pemda Pulang Pisau mengadakan kegiatan Sosialisasi ketenagakerjaan dalam rangka Hari Buruh Seduia (May Day) Tahun 2017 (2/5). Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Pulang Pisau H. Edy Pratowo.

Dalam sambutannya, Bupati menugaskan kepada Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pulang Pisau Frisco C Ibad untuk melakukan pendataan terhadap buruh (tenaga kerja) yang bekerja di perusahaan di Kabupaten Pulang Pisau.

“Saya telah menugaskan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pulang Pisau untuk melakukan pendataan terhadap pekerja buruh yang ada di wilayah Kabupaten Pulang Pisau, ” kata orang nomor satu di Pulang Pisau itu.

Lebih lanjut Edy, bahwa sampai dengan saat ini perusahaan-perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Pulang Pisau belum sepenuhnya melaporkan berapa jumlah tenaga kerjanya.

Di samping itu, menurut aturan sudah ada undang-undangnya bahwa setiap perusahaan wajib melaporkan jumlah tenaga kerjanya. Namun, sampai saat ini kewajiban itu sepenuhnya belum ada yang dipatuhi. Oleh karena itu, pihaknya menghimbau kepada perusahaan agar kooperatif didalam memberikan data dan laporan jumlah tenaga kerjanya.

“Tujuan kegiatan ini selain untuk memperingati Hari Buruh Internasional juga untuk mensosialisasikan produk-produk hukum pemerintah yang berhubungan dengan ketenagakerjaan dan mengetahui kondisi nyata di lapangan terhadap ketenagakerjaan di Kabupaten Pulang Pisau,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pulang Pisau Frisco C Ibad.

Selain itu, melalui sosialisasi ini kita berharap untuk terwujudnya peningkatan pengetahuan bagi pekerja/buruh terhadap regulasi juga akan meningkatkan kualitas hubungan bipartit sebagai bentuk kemitraan antara pengusaha dan pekerja/buruh dalam mewujudkan kesejahteraan serta dapat meningkatkan kualitas tripartit dan menjaga kondusif dan sinergitas antara pemerintah, pengusaha dan pekerja/buruh.

“Momentum peringatan Hari Buruh Sedunia (May Day) di Kabupaten Pulang Pisau Tahun 2017 diisi dengan kegiatan Sosialisasi dan dialog Ketenagakerjaan dengan menghadirkan narasumber dari Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi Propinsi Kalimantan Tengah Hendry Lubis dan Kena Duris;” katanya.

Kegiatan sosialisasi tersebut berlangsung di Aula Setda Kapuas dengan turut mengundang perwakilan SKPD, buruh, perusahaan dan serta undangan lainnya. (kontributor)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...