Bupati Irna Beri Sinyal Akan Kembali Rombak Pejabatanya Usai Lebaran

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Bupati Pandeglang, Irna Narulita memberi sinyal akan kembali merotasi pejabatnya setelah Lebaran Idul Fitri mendatang. Sinyal kuat ini ditegaskannya pasca melihat lambatnya para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam menyerap anggaran.

Alasannya, memasuki triwulan kedua ini, serapan anggaran Pandeglang masih diangka 43 persen. Sedangkan untuk Dana Alokasi Khusus (DAK), juga belum menunjukkan penyerapan yang signifikan. Bahkan ada beberapa SKPD, yang belum sama sekali menyerap dana bantuan dari Pemerintah Pusat.

“Jangan menyalahkan saya (jika dirotasi). Saya sudah mengingatkan setiap hari Senin. Ada memang SKPD yang kuat ikut ritme saya, kuat. Ada juga yang memang tidak kuat karena keterbatasan SDM dan sebagainya, nanti diputar saja,” ujar Irna, Kamis (4/5/2017).

Irna mengungkapkan, ancaman itu bukan tidak diketahui oleh para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Pasalnya, hal itu telah diterangkan dalam Pakta Integritas bupati dengan masing-masing Kepala OPD pada awal tahun lalu. Dimana dalam perjanjian tersebut, Kepala SKPD harus siap melaksanakan tugas dan mengejar ketertinggalan. Hanya saja menurut Irna, ada diantara mereka yang memahami, ada pula yang dianggap belum siap untuk bekerja dengan ekstra.

“Mereka sudah melakukan Pakta Integritas kepada bupati. Tanggung jawab mereka dan keseriusan mereka akan kami lihat. Maka bulan Juli atau Agustus nanti akan kami evaluasi lagi terhadap kinerja mereka. Tetapi yang kerjanya bagus harus diapresiasi,” bebernya.

Lebih jauh orang nomor 1 di Pandeglang menegaskan bahwa memasuki triwulan kedua, ia telah menekankan kembali terkait optimalisasi anggaran. Setiap SKPD, diminta agar lebih aktif dalam berkomunikasi dan konsultasikan kendala yang dihadapi, terutama dalam memanfaatkan DAK. Jangan sampai akibat kinerja yang tidak serius, Pemkab harus mengganti biaya DAK yang tidak terserap.

“Ibu (Irna menyebut dirinya) sampaikan Fakta Integritas itu harus dikantongi oleh mereka, agar mereka bisa mengikuti ritme kinerja Bupati. Karena Bupati punya target kinerja yang mesti direalisasi oleh mereka. Kalau mereka tidak bisa mencapai target, berarti mereka menjadi target saya dong. Mohon waktu, yang pasti ibu kawal ditahun ini semua pembangunan terealisasi,” katanya. (Kr)

 

Editor: Irdan

Comments
Loading...