BPJS Tingkatkan Pelayanan Melalui Perluasan Kanal Pendaftaran

MENARAnews, Kota Denpasar (Bali) – Dalam meningkatkan kepuasan peserta JKN, BPJS berupaya melakukan terobosan dimana kini calon peserta tidak perIu mengantri panjang di Kantor BPJS Kesehatan, cukup dengan menghubungi 1500-400, calon peserta kategori PBPU atau peserta mandiri bisa melakukan pendaftaran via telepon ke BPJS Kesehatan Care Center atau Virtual Service. BPJS Kesehatan Care Center yang sebelumnya terdapat fungsi pemberian informasi, penanganan pengaduan, tanya dokter dan pengelolaan media sosial maka saat ini dikembangkan fungsinya.

“Langkah tersebut sebagai upaya kami untuk mengantisipasi masyarakat jika mengantri terlalu lama di Kantor BPJS,” ungkap Kepala BPJS Cabang Denpasar, Kiki Christmar Marbun dalam konferensi pers di Aula Kantor Divisi Regional XI BPJS Kesehatan Denpasar, Senin (5/5/2017).

Kemudian, selain pendaftaran melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500-400, saat ini BPJS Kesehatan juga mengembangkan pendaftaran melalui Sistem Dropbox di Kantor Cabang BPJS Kesehatan, Kantor Kelurahan, dan Kantor Kecamatan serta Pendaftaran melalui PPOB/mitra kerja BPJS Kesehatan. Pendaftaran melalui mitra kerja dilakukan dengan membuka Point of Service di pusat perbelanjaan seperti mall, saat ini bekerja sama dengan PT Lippo Karawaci dan tidak menutup kemungkinan kerja sama dengan lnstitusi Iainnya.

Dalam kesempatan tersebut pihaknya juga meluruskan terkait informasi bahwa BPJS terdapat penunggakan pembayaran ke rumah sakit, hal tersebut tidak benar.

“Terkait kabar BPJS mengalami penunggakan pembayaran di rumah sakit hal tersebut tidak benar, tetapi yang sebenarnya pihak rumah sakit itu yang belum menagih. Prosesnya rumah sakit yang menagih dan akan cair setelah 15 hari tagihan tersebut diserahkan kepada BPJS. Jika rumah sakit tidak melakukan penagihan maka akan ditagih dan apabila berulang kali tidak menagih maka akan diberikan surat peringatan dari BPJS,” kata Kiki Christmar Marbun.

Direktur Kepesertaan dan Pemasaran, Andayani Budi Lestari menyampaikan bahwa saat ini sudah terdapat kanal-kanal pendaftaran peserta diantaranya : pendaftaran langsung di Kantor Cabang BPJS Kesehatan, Kantor Layanan Operasional Kabupaten/Kota (KLOK) dan Liaison Office (LO); pendaftaran melalui aplikasi New e-DABU untuk kategori peserta Pekerja Penerima Upah (PPU); dan pendaftaran online melalui website www.bpjs-kesehatan.co.id; serta pendaftaran melalui Bank yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan (BNl, BRl, dan Mandiri).

Sampai dengan 5 Mei 2017, jumlah peserta JKN-KlS telah mencapai 176.982.157 jiwa. BPJS Kesehatan juga telah bekerja sama dengan kurang lebih 20.766 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang terdiri atas 9.825 Puskesmas, 5.279 Klinik Pratama, 4.504 Dokter Prakter Perorangan, 1.143 Dokter Gigi Praktik Perorangan, dan 15 RS Tipe D Pratama. Selain itu, BPJS Kesehatan juta telah bermitra dengan 5.337 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang mencakup 2.135 Rumah Sakit (termasuk di dalamnya Klinik Utama), 2.216 Apotek, dan 986 Optik yang tersebar di seluruh Indonesia. (NN)

Editor: N. Arditya

Comments
Loading...