BPBD Palangka Raya Siap Antisipasi Karhutla

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Memasuki musim kemarau BPBD Kota Palangka Raya semakin intensif melakukan beberapa persiapan, salah satunya adalah simulasi yang dilakukan pada Rabu (10/5),  didaerah Jl Temenggung Tilung, Simulasi ini masuk dalam program bimtek yang dibuka kemarin, Selasa (9/5).

Dalam simulasi tersebut sejumlah warga lari tunggang-langgang saat Patroli Aparat Gabungan datang ke lokasi lahan yang di bakar dan berhasil menangkap pelaku pembakaran, upaya pemadaman api telah di upayakan oleh sejumlah Damkar Swadaya tetapi ternyata api tak berhasil di kendalikan, bahkan semakin meluas dan melebar mendekati pemukiman penduduk.

Karena kewalahan untuk mengendalikan situasi, maka tim meminta bantuan kepada Satgas BPBD untuk mengendalikan api. Setelah Team Satgas BPBD berada di lokasi maka api pun dapat di atasi, sempat terjadi insiden seorang satgas sesak nafas kehabisan oksigen saat ikut memadamkan api, maka oleh team kesehatan langsung mengevakuasinya ke Rumah Sakit.

Dalam keterangan yang disampaikan Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Palangka Raya, Emni Apriani, mengatakan, ada beberapa titik api (Hot Spot) yang terpantau oleh satelit ANOA, tetapi itu bukan semuanya berupa Hot Spot melainkan sebagian adalah atap rumah warga yang terbuat dari seng.

“Kegiatan Simulasi tersebut diikuti oleh TNI, Polri, BPBD dan Dinas Damkar, Dinas Kesehatan serta beberapa Damkar Swadaya milik masyarakat, yang diikuti sekitar 80 peserta,” bebernya, Rabu (10/5).

Dengan adanya simulasi ini di harapkan bahwa Tim Bintek mampu mengantisipasi dan mencegah apabila ada kejadian kebakaran lahan yang besar.(AF)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...