BKPP Palangka Raya Bangun Sistem Kepegawaian Berbasis Jaringan

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Palangka Raya mulai membangun sistem kepegawaian berbasis jaringan, hal itu dilakukan demi mewujudkan sistem kepegawaian berbasis digitalisasi.

Kepala BKPP Kota Palangka Raya, Nyta Bianyta Rezza  mengatakan pihaknya pada tahun ini menargetkan semua data ASN di seluruh OPD akan terintegrasi dengan BKPP. Sehingga, nantinya BKPP akan memiliki bank data pegawai yang ada di Pemerintahan Kota Palangka Raya.

“Data integrasi ASN di Palangka Raya ini nantinya juga akan mencakup rekam jejak pegawai. Sementara ini kita akan memasukkan data E-PUPNS di 2015 lalu,” jelasnya, Senin (15/5).

Lanjutnya, karena data kepegawaian tersebut terus berubah maka data kepegawaian terintegrasi tersebut juga akan terus diperbarui. Mulai dari rekam jejak pegawai ketika masih menjadi CPNS hingga terakhir bertugas di tempatnya yang sekarang.

“Selain itu, nantinya dalam sistem kepegawaian ini juga akan dilengkapi dengan hasil penilaian kinerja pegawai. Semua ini dilakukan tidak lain untuk meningkatkan profesionalitas, transparansi dan mengurangi penggunaan kertas,” tukasnya.

Diharapkan, nantinya berbagai urusan administrasi seluruh pegawai bisa diselesaikan menggunakan jaringan tersebut,mulai dari kenaikan pangkat sampai pensiun. Selain itu, melalui data tersebut pemerintah kota juga akan lebih mudah dalam melakukan mutasi ataupun perpindahan pegawai.

“Karena di sana juga terekam kompetensi yang dimiliki oleh pegawai, sehingga tidak akan sulit untuk menentukan posisi yang memang dibutuhkan,” bebernya.

Ditambahkannya, selain data ASN dalam sistem kepegawaian yang dibangun juga akan mencakup pegawai tak tetap atau melalui program simpati.

“Fungsinya juga hampir sama yakni dalam rangka pengawasan dan peningkatan profesionalitas dan transparansi,” tandasnya.(AF)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...