Ben Antarkan Kapuas Raih WTP

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Setelah sekian tahun menanti, Pemerintah Kabupaten Kapuas dibawah kepemimpinan Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat akhirnya berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Kapuas tahun anggaran 2016.

Piagam Penghargaan WTP diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Provinsi Kalimantan Tengah Ir Cornell Syarif P MM kepada Bupati Kapuas Selasa (30/5), di Palangka Raya.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Algrin Gasan serta sejumlah Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) saat menerima penghargaan, menyatakan bahwa opini WTP terwujud berkat dukungan dan kerjasama dari pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Kapuas.

“Saya juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh Kepala SD, SMP dan SMA/SMK, ASN dari yang terendah hingga tertinggi, petugas pengelola aset dan keuangan, Kepala SOPD dan jajaran,” katanya.

Termasuk, lanjut Ben, para asisten Setda, staf ahli dan Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, atas kebersamaannya selama ini dalam bekerja keras, ikhlas, cerdas dan tuntas yang selalu siap, memperhatikan, mengerjakan dan mengelola keuangan daerah dan aset sesuai peraturan yang berlaku.

Ucapan terimakasih juga disampaikannya kepada Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Kalimantan Tengah beserta jajarannya.

“Mudah-mudahan WTP ini akan tetap kami pertahankan. Kedepan kami bertekad akan terus melakukan berbagai perbaikan demi transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah yang terbebas dari salah saji yang material” tutur Ben
Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalteng menyatakan,  sejak diberakukannya Undang-Undang RI Nomor 15 Tahun 2004 tentang pemeriksaan pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara, Pemerintah Kabupaten Kapuas berturut-turut hanya bisa meraih WDP (Wajar Dengan Pengecualian).

“Baru tahun ini kami mendapatkan opini WTP. Ini adalah prestasi dari pemerintah, seluruh ASN dan masyarakat Kabupaten Kapuas serta dorongan Kepala Perwakilan BPK RI” tegasnya

Suami dari Ketua PKK Kapuas Ary Egahni Ben Bahat SH dan pemegang Hak Cipta Nasional dan Internasional dari World Intellectual Property Organization (WIPO) yang bermarkas di Genewa Swiss dan peraih sejumlah penghargaan tingkat nasional atas dedikasinya membangun Kalimantan Tengah khususnya Kabupaten Kapuas ini, menyatakan tekad kuatnya untuk terus membangun Bumi Tingang Menteng Panunjung Tarung Kabupaten Kapuas agar lebih maju, mandiri, sejahtera, adil dan merata serta berkelanjutan.

Sementara itu, Ketua BPK RI perwakilan Kalteng Cornell Syarif mengatakan, kriteria pemberian opini atas LKPD oleh BPK meliputi yaitu kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan (edequate disclosures), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan efektifitas sistem pengendalian intern (SPI).

“Saya tegaskan bahwa opini WTP bukanlah pemberian dari BPK melainkan hasil kerja keras dari seluruh aparatur pemerintah daerah. Keberhasilan meraih opini WTP akan memicu semangat pemerintah daerah lainnya di Provinsi Kalimantan Tengah untuk melakukan hal yang sama dalam mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang tepat sesuai standar akuntansi, transparansi dan akuntabel sehingga nantinya dapat meraih penghargaan opini WTP,” ucapnya.

Cornell juga mengapresiasi usaha-usaha perbaikan yang telah dan akan dilakukan oleh pemerintah daerah terhadap pengelolaan keuangan melalui action plan yang telah dibuat oleh kepala daerah.

“Kami mengucapkan selamat dan berterima kasih kepada pemerintah daerah yang telah memperhatikan hasil pemeriksaan BPK, menindaklanjuti rekomendasi kami sehingga berhasil meraih opini WTP. Usaha perbaikan tersebut diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan dan pelaporan LKPD untuk tahun anggaran mendatang” pungkasnya. (irf)

Editor: Hidayat
 

Comments
Loading...