Begini Kesiapan Provinsi Banten Untuk Jadi Lumbung Jagung

MENARAnews, Kota Serang (Banten) – Kabupaten Pandeglang yang sebelumnya ditargetkan oleh Provinsi Banten seluas 85.860 ribu hektar, ternyata sampai hari ini sudah ada Calon Petani dan Calon Lahan (CPCL) 51.526 ribu hektar. Dan yang sudah di tanam Bulan April 4.537 hektar, siap tanam bulan Mei 6.055 hektar, Juni 14.495 hektar, Juli 11.054 hektar, Agustus 2.616 hektar, dan September 12.727 hektar.

Demikian disampaikan Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita saat rapat Upaya Khusus (Upsus) Jagung di Polda Banten, Selasa (2/5).

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Provinsi Banten yang telah mengakomodir usulan dari Kabupaten Pandeglang untuk bantuan Herbisida.

“Dengan dibantunya 400 liter herbisida diharapkan dapat membantu perluasan areal tanam jagung di Kabupaten Pandeglang,” jelasnya.

Sementara itu, Kepada Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus M Tauchid mengatakan, luas areal tambah tanam jagung untuk Provinsi Banten yang sudah ada Calon Petani dan Calon Lahan (CPCL) mencapai 128.095 hektar. Menurutnya, jumlah ini sudah cukup sesuai dengan apa yang ditetapkan Menteri Pertanian.

Agus berharap, kepada Gabungan Pengusaha Makanan Ternak (GPMT) yang ada di Provinsi Banten harus dapat jemput bola untuk paska panen jagung.

“Kebutuhan jagung di Banten kurang lebih mencapai 10.000 ton perhari, dan selama ini disuplai dari luar banten. Dengan GPMT dapat jemput bola ke petani di Banten, jelas akan mengurangi ongkos produksi perusahaan karena tidak terlalu jauh,” harapnya. (IY)

 

Comments
Loading...