Bea Cukai Pulpis Musnahkan Ratusan Ribu Batang Rokok

MENARAnews, Pulang Pisau (Kalteng) – Ratusan ribu batang rokok tanpa pita cukai (ilegal) dimusnahkan di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Type Pratama Pulang Pisau. Pemusnahan rokok sebanyak 207.218 batang ini dilakukan di samping halaman Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Type Pratama Pulang Pisau, Selasa (9/5).

“Tembakau atau rokok yang kita musnahkan hari ini berjumlah 10.943 bungkus atau sebanyak 207.218 batang rokok yang  merupakan hasil penindakan tahun 2015 s/d 2016, ” kata Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Pratama Pulang Pisau, Ruwia Purnama Adie saat menggelar Press Release.

Lebih lanjut diungkapkan, pemusnahan rokok atau tembakau berbagai merk ini bila di hitung uang yakni sebesar Rp.76. 506. 000 dengan potensi kerugian negara sebesar Rp. 45.551.000. Setiap akan melakukan pendindakan lanjut Ruwie, pihaknya selalu dengan melakukan prioritasnya dulu, yakni prioritas dengan menyasar hasil tembakau atau rokok yang tidak memakai pita cukai. Kemudian rokok yang memakai pita cukai tetapi palsu dan rokok yang memakai pita cukai dengan bekas pakai.

“Tiga hal ini yang kami prioritaskan ketika melakukan penindakan di lapangan, ” katanya.

Dikatakan Ruwia, pemusnahan barang hasil Penindakan KPPBC Pratama Pulang Pisau tahun 2017 ini merupakan hasil penindakan di lokasi, yakni Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Kapuas dan kota Palangka Raya pada tahun 2015 hingga 2016. Ada berbagai merk rokok yang terbukti melanggar UU Cukai kata Ruwai diantaranya rokok/tembakau tidak berpita (rokok/tembakau yang di legalkan dengan pita palsu, rokok atau tembakau dengan pita bekas.

“Mungkin kita tidak menyangka kalau di luaran sana ada pengepul pita cukai, salah satunya rokok yang dimusnahkan ini memakai label pita bekas, ” pungkasnya.(kontributor)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...