Balon Walikota, Ini Visi dan Misi Sipet Hermanto Ketika Terpilih

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Sebagai seorang putra Dayak Ngaju dari DAS Kahayan dan juga merupakan asli putra Pahandut, Sipet Hermanto berkeinginan agar Kota Palangka Raya sebagai pintu gerbang Kalimantan Tengah yang terencana, aman, nyaman, tertib, indah san keterbukaan.

Mewujudkan hal tersebut tentunya melalui pengolahan dan pemanfaatan Sumber Daya Masyarakat yang maju, mandiri Sejahtera dan berkeadilan. Keinginan tersebut dituangkannya kedalaman visi salah seorang Bakal Calon dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Walikota Palangka Raya 2018 nanti.

Sipet ketika diwawancarai menaranews.com baru-baru ini menyampaikan, keinginan dan mimpi besar tersebut tidak lepas dari dukungan masyarakat khususnya Kota Palangka Raya untuk mewujudkannya. Untuk itu dengan kerendahan Hatinya memohon doa dan restu seluruh masyarakat maju sebagai calon Walikota Palangka Raya.

“Semoga Tuhan yang Maha Esa meridhoi dan memberkati perjuangan kita bersama, sehingga mimpi dan cita-cita kita membangun Kota Palangka Raya dan mensejahterakan masyarakat dapat terwujud,” jelas Sipet Hermanto.

Jika memiliki kesempatan menjadi salah satu calon Walikota nantinya, ia juga memiliki 7 misi jika terpilih. Misi pertama yakni “Memangun Tuntang Mahaga Lewu” melalui pembangunan, peningkatan dan penataan infrastruktur (Jalan, Jembatan, Listrik dan Bendungan.red).

Misi kedua “Lewu Karigas” yakni dengan menjadikan Kota Palangka Raya sebagai pusat rujukan pelayanan kesehatan berkualitas, sesuai dengan standar kesehatan. Misi berikutnya yakni “Lewu Harati” menjadikan Kota Palangka Raya sebagai Kota pendidikan. Dengan fokus kepada poin penting yaitu, kesejahteraan guru, beasiswa berprestasi serta meningkatkan mutu belajar mengajar.

“Dalam misi kita nanti, kita juga akan mengangkat perekonomian masyarakat Kota Palangka Raya tanpa memandang SARA yaitu Pengembangan Ekonomi Kerakyatan melalui pengembangan sektor riil, pemberdayaan usaha mikro kecil, menengah dan koperasi,” jelasnya menambahkan.

Misi selanjutnya lanjut Sipet lebih dalam lagi, “Belum Bahadat” mewujudkan masyarakat tertib, aman, damai dan berkeadilan, berkarakter dan berdaya saing melalui pembangunan daerah yang akuntabel. Tidak lupa pengamanan Sektor Pariwisata dan Kebudayaan, dan Lingkungan Hidup (yang bekelanjutan.red) dan Tata Ruang.

Berdasarkan latar belakang dari Sipet Hermanto sendiri, Ia merupakan keturunan langsung dari Ngabe Sukah salah satu tokoh pendiri Desa Pahandut yang merupakan cikal bakal beridirinya Kota Palangka Raya. Selama ini Sipet memiliki 3 orang anak dan saat ini, Sipet sendiri telah berhasil menghantar anak-anaknya ke gerbang kesuksesan yakni menjadi seorang Dokter di Jakarta, dan Serjana sampai dengan S2.

“Hal ini tentunya dapat dicapai dengan kualitas orang tua yang mendidiknya dan Lingkungan keluarga yang harmonis dan sangat baik. Kita menjunjung tinggi filosofis Huma Betang serta nilai-nilai Agamis, sederhana dan bersahaja. Masa kecil saya dihabiskan di Kota Palangka Raya dimana waktu itu saya bersekolah di SDN Pahandut 1 Kota Madiya Palangka Raya lanjut SMPN 1 dan lanjut ke SMAN Palangka Raya,” ujar Sipet kembali menyampaikan.

Selama meniti karir sebagai abdi negara atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, serta dedikasi dan pengabdiannya kepada negara, tak heran dirinya sering mendapat penghargaan yang diterima diantaranya Satya Lancana Karya Satya sampai dengan 30 tahun dari Presiden Republik Indonesia (RI).

Disamping aktivitas rutin sebagai PNS, dirinya juga tidak lepas dari rutinitas di organisasi, baik itu organisasi sosial maupun organisasi olah raga. Tidak hanya itu, salah satu Bakal Calon Walikota Palangka Raya ini juga sering dipercaya untuk memimpin kontingen maupun delegasi dari Kalimantan Tengah untuk kegiatan-kegiatan yang berskala nasional.(arli)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...