ASN Palangka Raya Diminta Lebih Kreatif dan Inovatif

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Palangka Raya  menggelar rapat koordinasi (rakor) kepegawaian di lingkungan pemerintah kota (pemko) setempat. Kegiatan yang digelar di Aula Arafah Asrama Haji Provinsi Kalteng  itu, dibuka langsung Walikota Palangka Raya HM Riban Satia, Kamis (18/5).

Dalam stressingnya Riban mengatakan, aparatur sipil negara (ASN) adalah merupakan penyelenggaraan tugas pemerintah dan pelaksana pembangunan. Untuk memenuhi hal tersebut, maka akan sangat tergantung pada kemampuan aparatur itu dalam melaksanakan tugasnya.

“ASN dituntuk selalu bekerja secara profesional. Hanya itu saja tidak cukup bila tidak diimbangi dengan kemampuan proporsional. Proporsional disini adalah kemampuan untuk melengkapi jati diri ASN menjadi panutan masyarakat yang dianggap bekerja secara profesional,” terangnya menegaskan.

Lebih lanjut Wali Kota Palangka Raya dua periode itu mengungkapkan, pengabdian aparatur negara saat ini tidak cukup dalam hal bekerja semata, namun di sisi lain terus didorong untuk bersama-sama melakukan suatu upaya perubahan, terutama pada aspek pemberdayaan aparatur pemerintah yang harus difokuskan pada keahlian, kemudian perubahan pola pikir, sikap dan perilaku, searah dengan berbagai perubahan dan dinamika saat ini.

“Saya memberikan catatan, bahwa aparatur negara saat ini dituntut lebih, dalam perubahan perilaku dan pola pikir yang tidak hanya sebatas melaksanakan aturan akan tetapi bagaimana bisa berinovasi dengan melihat suasana dan kondisi kekinian yang berlangsung sekarang maupun akan datang,” cetusnya.

Dijelaskan, setiap tuntutan yang diemban kepada setiap aparatur saat ini tidak lepas dari dinamika  perubahan.  Sehingga berujung pada profesionalisme aparatur dengan memberikan kontribusi beragam terhadap sebuah kebijakan yang mengayomi serta mempermudah dalam berbagai hal pelayanan.

“Saya berharapa melalui  rakor ini melahirkan hasil nyata, terutama pemahaman para aparatur untuk memiliki pola pikir yang lebih berinovasi dalam banyak hal. Itu semua sejalan dengan tuntutan pemerintah saat ini,” tutupnya.

Adapun Kepala BKPP Kota Palangka Raya, Nyta Bianyta Rezza menyampaikan kegiatan rakor kepegawaian lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya itu sejalan dengan yang diamanatkan dalam undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara.

“Rakor ini diikuti sebanyak 300 oprang peserta, yang terdiri Dari Sekretaris SKPD, Sub Bagian Umum, serta Kepala Sekolah tingkat SD dan SMP,” sebutnya.

Disampaikan kegiatan tersebut bertujuan untuk menyamakan rumusan bersama terhadap isu-isu  aktual serta pelaksanaan persepsi dan pemahaman pejabat pengelola, menata serta menyelesaikan berbagai permasalahan kepegawaian di lingkungan kerjanya masing-masing melalui sikap profesionalime dengan melahirkan inovasi.

Bahkan dalam rakor tersebut, dihadiri pula Plt Sekda kota Kandarani dan Kepala BKPP Provinsi Kalteng, Nurul Edy, yang sekaligus memberikan materi terkait dengan hal-hal yang bersentuhan dengan kinerja kepegawaian.(AF)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...