Wakil Walikota Palangka Raya Ingatkan Pentingnya Toleransi Antar Umat Beragama

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Wakil Walikota Palangka Raya, Dr. Ir. Mofit Saptono Subagio bersama rombongan mengunjungi Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIa Palangka Raya, hal tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad S.A.W.

Dalam kunjungannya Mofit Saptono, mengingatkan para narapidana untuk terus meningkatkan keimanan kepada tuhan, dan senantiasa menjaga kerukunan antar tahanan.

“Isra Mi’raj merupakan pengingat kita untuk meningkatkan dan memupuk keimanan. Pasalnya, melalui Isra Mi’raj ini Nabi Muhammad SAW mendapatkan perintah untuk melaksanakan solat,” tuturnya, Selasa (18/4).

Dirinya juga sedikit membeberkan, Hanya selama satu malam Nabi Muhammad melakukan perjalanan dari Masjidil Haram di Mekah ke Masjidil Aqsha. Kemudian, Nabi naik ke langit ke tujuh, mendapatkan perintah yang sangat mulia yakni sholat wajib yang harus dilaksanakan lima kali dalam sehari semalam. Luar biasanya nabi mendapatkan secara langsung perintah tersebut dari Allah, tanpa perantara malaikat.

“Menunjukkan betapa pentingnya solat lima waktu bagi umat muslim, dengan mengingat tuhan tentunya akan meningkatkan keimanan,” tegasnya.

Dalam sabutannya juga, Mofit mengingatkan pentingnya kerukunan antar umat dan saling toleransi antar umat beragama, sebab dengan itu akan tercipta kedamaian dan kerukunan.

“Seperti halnya dalam shalat, kita semua harus bersih dan suci. Baik lahir maupun batin, kita harus jauhkan sifat iri, dengki, bahkan budaya toleransi kepada sesama maupun antar umat beragama sangat penting, terangnya.

Senada dengan Wakil Walikota, Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Provinsi Kalteng, Agus Purwanto, mengatakan tentang pentingnya ibadah dan toleransi terhadap sesama umat bergama.

“Semoga pada Isra Mikraj tahun 1438 H ini bisa meningkatkan keimanan kita semua. Menjadikan pribadi yang bertaqwa dan beriman, serta memiliki rasa toleransi yang tinggi,” tandasnya.(AF)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...