Wah Warga Palangka Harus Tau, Ini Golongan Retribusi Miras di Palangka Raya

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Peredaran Minuman Keras (Miras) di “Kota Cantik” Palangka Raya memang sangat banyak bahkan bisa dikatakan setiap jalan utama banyak toko yang menjual miras dengan berbagai jenis dan golongan.

Sehingga untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemko setempat menarik retribusi Miras, retribusi ditarik melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Palangka Raya berdasarkan golongan miras tersebut.

Kepala Disperindag Aratuni D. Djaban saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, retribusi miras terbagi atas tiga macam, yakni golongan A (kadar alkohol lima persen) sebesar Rp.10 juta per tahun, golongan B (kadar alkohol 20 persen) sebesar Rp. 20 juta per tahun, dan golongan C (kadar alkohol lebih dari 20 persen) sebesar Rp. 30 juta per tahun.

“Yang beredar di Palangka Raya kebanyakan golongan A dan B. Sedangkan golongan C hanya beredar di hotel-hotel berbintang dan umumnya minum di tempat,” kata Aratuni menjelaskan, Selasa (18/04).

Dia melanjutkan, bahwa nominal retribusi tersebut sudah disesuaikan dengan harga jual, yang sebelumnya sudah melalui kajian di lapangan.

Seperti diketahui, Disperindag Kota Palangka Raya akan menarik retribusi dari penjualan minuman keras (miras) di kota setempat. Tak tanggung-tanggung retribusi untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) ini dipatok sebesar Rp. 1,4 Miliar.

“Meski menarik retribusi dengan target yang cukup besar, namun tidak akan mengendurkan pengawasan, pasalnya pengawasan terhadap peredaran miras perlu dilakukan dengan intensif,” ucapnya. (AF)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...