Tingkatkan Status TKS Menjadi Tenaga Kontrak Kesehatan

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah terus melakukan perbaikan bidang kesehatan di daerah setempat, dengan menambah jumlah tenaga kesehatan baik bidan maupun perawat yang akan disebar ke desa-desa.

Menurut Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas Apendi, tahun 2017 ini pihaknya kembali menambah jumlah tenaga kesehatan dengan meningkatkan status Tenaga Sukarela Kesehatan (TKS) menjadi tenaga kontrak kesehatan.

“Kita menerima perawat dan bidan dengan meningkatkan status TKS menjadi tenaga kontrak, adalah untuk melaksanakan amanah yang diperintahkan pemerintah daerah melalui Pak Bupati di mana satu desa satu bidan dan satu perawat. Ditambah lagi Puskesmas yang kosong harus diisi termasuk Puskesmas perawatan,” katanya di Kuala Kapuas, Minggu (9/4/2017).

Hal ini, sambung Apendi, seiring dengan program pokok Dinas Kesehatan Kapuas tahun 2017 dan juga seiring dengan program Kementerian Kesehatan yaitu Program Indonesia Sehat. “Kalau di Kapuas namanya program Indonesia Sehat. Jadi, dua isu strategis ini yang kita pikirkan sekarang,” ujarnya.

Untuk mencapai Program Indonesia Sehat, pertama adalah dengan cara melakukan pendekatan keluarga. “Artinya kita harus jemput bola. Jadi, tenaga kesehatan jangan hanya menunggu tapi dia harus kelapangan,” terang Apendi.

Kemudian cara kedua, Dinkes Kapuas melakukan gerakan masyarakat baik melalui prilaku hidup bersih, lingkungan, cuci tangan dan menjaga kesehatan. “Dua hal ini kita lakukan, dan  seiring dua hal itu pula adanya perubahan paradigma. Dulu kesehatan paradigmanya adalah untuk mengobati, tapi sekarang ada perubahan yaitu program pencegahan peningkatan kesehatan,” ungkapnya.

“Kita melihat dari angka 30 persen sakit dan 70 persen sehat. Nah, kalau kita membiarkan 70 persen yang sehat ini, kenapa kita tidak melakukan pencegahan atau peningkatan kesehatan, supaya mereka tidak jatuh sakit,” tambah Apendi. (irf)

Editor : Hidayat 

Comments
Loading...