Tim Verifikasi Adipura Sisir Kota Kuala Kapuas

Salah Satunya Tinjau Pasar Blok R Kuala Kapuas

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Dua orang tim Verifikasi Program Adipura sisir Kota Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas dalam rangka melakukan penilaian sejumlah lokasi yang menjadi titik pantau penilaian Adipura diantaranya Pasar Blok R, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah dan pelabuhan, Rabu (18/4/2017).

Kedua orang tim verikasi Adipura itu yakni Novan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Agustiana dari Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarbaru. Keduanya melakukan penyisiran titik pantau penilaian Adipura saat itu didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kapuas M Saleh Makki, Kabid Pertamanan dan Kebersihan Ahmad Isnaeni serta Kabid Cipta Karya Dinas PUPRPKP Maria Suzana Natalestari.

Saat menyisir Pasar Blok R, salah satu tim verifikasi Novan, menyarankan di pasar tersebut agar ada rumah kompos, sehingga sampah dari sayuran dapat langsung diolah di rumah kompos itu. “Sehingga bisa mengurangi volume sampah yang dibuang ke TPA, karena sebagian sampah langsung diolah di rumah kompos,” katanya kepada Tim Satgas Adipura Kapuas yang turut mendampingi melakukan penilaian saat itu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kapuas M Saleh Makki mengatakan, kedatangan tim verifikasi Adipura ke Kapuas untuk meninjau dan memberikan penilaian yang dititik beratkan pada penanganan sampah. Adapun titik pantau yang diverifikasi yaitu TPA Handil Palingit, pasar, bank sampah dan perairan terbuka. “Untuk hasilnya kita tunggu dari Kementerian LHK,” katanya yang juga selaku Ketua Tim Satgas Adipura Kapuas 2017.

Yang terpenting, lanjut Saleh Makki, jadikan kepedulian dan kebersihan lingkungan sebagai bagian budaya hidup baik di rumah, ditempat kerja dan dilingkungan masyarakat serta dimana pun berada. “Jadikan peduli lingkungan sebagai ibadah,” tukasnya.

Seperti diketahui  menjelang kedatangan tim verifikasi Adipura, Pemkab Kapuas melalui Tim Satgas Adipura 2017 gencar melakukan pembenahan lokasi-lokasi yang menjadi titik pantau penilaian, termasuk membersihkan sungai, penataan kawasan Pelabuhan Danu Mare dan pembenahan TPA Handil Palingit, Kecamatan Pulau Petak.

Lingkungan perumahan yang menjadi lokasi penilaian juga turut dibersihkan, termasuk jalan-jalan protokol di wilayah Kota Kuala Kapuas. Upaya pembersihan lokasi titik pantau penilaian oleh Tim Satgas Adipura bersama masyarakat menjelang kedatangan tim penilaian Adipura dilakukan dari siang hingga malam hari, dengan harapan dapat memperoleh nilai terbaik dalam penilaian program Adipura tahun ini. (irf)

Editor: Hidayat

 

Comments
Loading...