Tim Satgas Adipura Diminta Tetap Pertahankan Kondisi Titik Pantau

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Menghadapi penilaian Adipura tahap I tahun 2017, Ketua Tim Satuan Petugas (Satgas) Adipura Kabupaten Kapuas M Saleh Makki mengimbau seluruh anggota tim yang dipimpinnya itu tetap mempertahankan kondisi titik pantau penilaian yang ada.

Menurut Saleh Makki penilaian program Adipura tahap I  tahun 2017 akan berlangsung sekitar September/November mendatang. “Jadi, kita harus tetap menjaga kondisi yang ada, bahkan bukan hanya sekedar mempertahankan tapi terus melanjutkan sesuai dengan instruksi pak Bupati,” katanya di Kuala Kapuas, Rabu (26/4/2017).

Terkait dengan hasil penilaian Adipura tahap dua tahun 2016-2017, Saleh Makki yang juga selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kapuas, mengatakan bahwa pihaknya masih belum mengetahui hasilnya, namun setelah selesai penilaian tahap II pihaknya langsung mempersiapkan diri untuk penilaian Adipura tahap I tahun 2017.

“Untuk hasil penilaian tahap II kemarin kita tunggu saja, tapi kita harapkan ada peningkatan raihan nilai dibanding tahun-tahun sebelumnya karena ada perubahan di beberapa titik pantau, seperti di pasar dinilai cukup bersih,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Saleh, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Handil Palingit yang dinilai memiliki nilai gret yang tinggi sekarang telah dianggarkan untuk perbaikan jalannya dan juga telah menghasilkan gas metan. “TPA Palingit sudah ada upaya-upaya dilakukan untuk menambah nilai Adipura,” jelasnya.

Adapun upaya lainnya yang perlu dilakukan Pemkab Kapuas untuk menambah nilai Adipura, adalah memperbanyak tanaman pohon di tepian jalan dan membangun trotoar jalan. “Kalau memang memungkinkan anggarannya dibuat trotoar, khususnya di jalan Pemuda Kuala Kapuas. Karena salah satu syarat jalan itu harus memiliki trotoar,” ujarnya.

Kemudian yang terpenting, tambah Saleh, adalah partisipasi masyarakat untuk tetap selalu menjaga kebersihan di lingkungannya masing-masing. Sedangkan untuk kebersihan pasar, diharapkan Satuan Organisasi  Perangkat Daerah (SOPD) terkait, seperti Pol PP, Dinas Perindagkop dan Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kapuas agar dapat terus mempertahankan kebersihan pasar. (irf)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...