Tempat Pengelolaan Sampah 3R Diresmikan

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Bangunan Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) 3 R (Reuse, Reduce, Recycle) Berkat Ikhlas Desa Bungai Jaya, Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas diresmikan, Rabu (19/4/2017).

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat saat meresmikan tempat pengelolaan sampah tersebut mengatakan, dengan dibangunnya TPS 3R tersebut maka sampah tidak akan lagi disia-siakan, melainkan akan berguna untuk meningkatkan kesehatan dan meningkatkan ekonomi masyarakat . “Karena semuanya akan berguna,” katanya.

Lanjut Bupati, diresmikannya TPS 3R juga menandakan bahwa Desa Bungai Jaya merupakan desa yang luar biasa, dimana tidak terlepas dari peran kepala desa secara berjenjang  yang aktif memajukan desa “Inipun tidak terlepas dari peran Bapak Camat dan mudah-mudahan desa-desa yang lain akan mengikuti jejak dari Desa Bungai Jaya ini,” harapnya.

Selain meresmikan TPS, orang nomor satu di jajaran Pemkab Kapuas itu juga meresmikan pasar tradisional Desa Bungai Jaya. Ben pun juga berharap pasar desa tersebut memiliki sesuatu daya tarik sehingga masyarakat terus singgah ke pasar tersebut. “Mau jual apa harus dipikirkan secara kreatif dan inovatif yang tidak pernah dipunyai oleh orang lain sehingga tamu-tamu dari luar daerah pun bisa singgah ke pasar ini,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu Bupati Kapuas juga menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur merupakan program yang akan terus di fokuskannya ke depan.  Ia pun berjanji jalan-jalan yang masih belum ditangani dengan tuntas di wilayah Kecamatan Basarang akan segera ditangani.

Selain itu Pemkab Kapuas juga memprogramkan seluruh desa di wilayah Kabupaten Kapuas harus memiliki guru yang lengkap, begitu pula dengan bidang kesehatan harus terdapat perawat dan bidan di setiap desa.

Karenanya, Pemkab Kapuas menerima tenaga honor/kontrak yang memprioritaskan masyarakat lulusan asli desa setempat. “Misalnya siapa saja lulusan di desa A, ada yang lulus sekolah guru maupun tenaga kesehatan kita gunakan dan prioritaskan karena mereka pasti tidak akan kemana-mana,” terang Ben Brahim.

Acara peresmian TPS dan pasar tradisional di Desa Bungai Jaya saat itu juga dirangkai dengan penyerahan bantuan sembako bagi warga kurang mampu, terdiri dari 40 paket sembako dari Dinas Sosial Kabupaten Kapuas yang berisikan beras, susu, gula, kotak teh celup, kecap dan minyak goreng serta bantuan 3 buah kursi roda untuk  warga lansia. (irf)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...