Tabalong Kembangkan Kawasan Gunung Sialing Sebagai Objek Wisata

MENARAnews, Tabalong (Kalsel) – Berpotensi sebagai objek wisata, Pemerintah Kabupaten Tabalong akan jadikan Kawasan Gunung Sialing sebagai salah satu objek wisata di Bumi Sarabakawa.

Selain memiliki panorama alam yang indah, Kawasan Gunung Sialing ini juga memiliki beberapa keunikan.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Tabalong, H. Zain Ramali, mengatakan Gunung Sialing merupakan salah satu kawasan yang akan dijadikan objek wisata di Kabupaten Tabalong.

“Karena keunikan yang dimiliki oleh gunung itulah jika dikembangkan sebagai objek wisata tentu akan dapat menarik wisatawan untuk datang ke Tabalong,” ujarnya.

Dalam pengembangannya, Gunung Sialing ini akan dijadikan sebagai objek wisata dengan minat khusus. Objek wisata minat khusus sendiri, ungkap Zain, merupakan objek wisata yang tidak sama dengan objek wisata yang lain.

“informasi yang didapat dari orang-orang yang telah berhasil naik hingga ke puncak Gunung Sialing adalah bahwa mereka dapat melihat Kota Tanjung,” ujarnya.

Berdasarkan keunikan inilah pihaknya akan mengembangkan kawasan Gunung Sialing sebagai objek wisata dengan minat khusus.

Tidak hanya itu, Pemkab Tabalong juga akan mengembangkan gunung Sialing sebagai tempat wisata minat khusus yang memacu adenalin. Dengan rute yang dimiliki kawasan ini, wisatawan akan ditantang untuk dapat berhasil mendaki hingga ke puncak.

“Untuk wisata ini, tentu yang menjadi sasaran adalah wisatawan yang suka berpetualang seperti pencinta alam dan pendaki gunung,” katanya.

Saat ini, pihaknya sudah menyusun desain pengembangan untuk kawasan Gunung Sialing. Untuk mendukung percepatan mewujudkan kawasan Gunung Sialing sebagai objek wisata, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani juga telah ‎mengukuhkan Kelompok Sadar Wisata (Podarwis) di Desa Sialing. Pokdarwis inilah yang nantinya yang akan membantu pemerintah dalam pengembangannya.

Selain kawasan Gunung Sialing, masih ada beberapa kawasan yang akan dikembangkan sebagai objek wisata di Kabupaten Tabalong, diantaranya Objek Wisata Tanjung Puri, wisata Air Terjun Lano dan Gua Liang Tapah.

Untuk objek wisata Tanjung Puri sendiri memang sudah dijadikan sebagai objek wisata sejak dulu, namun oleh Pemkab setempat objek wisata yang pada zamannya sempat berjaya ini akan dibuat lebih menarik minat wisatawan lagi. “Untuk saat ini kita akan fokus pada pengembangan objek wisata yang ada disekitar perkotaan terlebih dahulu, yakni Tanjung Puri,”ujarnya.

Dan beberapa objek wisata lain yang memang telah lebih du‎lu direncanakan dan dikembangkan sebagai objek wisata. Ia berharap dengan dikembangkan beberapa objek wisata yang ada di Kabupaten Tabalong dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Tabalong, baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

“dengan dijadikannya beberapa kawasan sebagai objek wisata, dapat meningkat kesejahteraan masyatakat sekitar, “tutupnya. (Kn)

Comments
Loading...