Surplus Listrik 80 MW, PLN Upayakan UN dan Awal Ramadhan Tidak Ada Pemadaman di Kalteng

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – PT. PLN (Persero) Cabang Palangka Raya menjamin Ujian Nasional (UN) dan Bulan Ramadhan 2017 nanti tidak akan ada pemadaman listrik. Pasalnya ketersediaan listrik di wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) – Kalimantan Selatan (Kalsel) saat ini surplus 80 Mega Watt (MW).

Surplus atau kelebihan ketersedian daya listrik di wilayah yang dimaksud tersebut karena sudah beroperasinya beberapa pembangkit listrik di Kalteng seperti Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Pulang Pisau dan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Bangkanai.

Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) PT.PLN (Persero) Cabang Palangka Raya Dedy Yunarto menjelaskan, untuk sementara tidak ada pemadaman listrik karena ketersedian daya listrik Kalteng – Kalsel sudah surplus.

“PLTU Pulang Pisau unit satu 2×60 MW dan rencana juli 2017 nanti unit satunya lagi sudah bisa dioperasikan, PLTD Bang Kanai 155 MW sekarang sudah mencapai 140 MW,” jelas Dedy Yunarto, Jum’at (07/04) di Palangka Raya.

Untuk pelaksanaan UN dan menjelang Ramadhan tahun ini diharapkan tidak ada permasalahan pemadaman listrik. Hal ini karena pihak PLN sendiri belum bisa mengatakan nantinya tidak ada pemadam listrik disebabkan adanya faktor lain yang sifatnya insidentil.

Namun demikian, ujar Dedy kembali, pihaknya tetap akan melakukan upaya-upaya agar tidak terjadi pemadaman listrik seperti melakukan sejumlah perawatan jaringan dan hal-hal lainnya yang berpotensi menjadi penyebab pemadaman listrik.

“Untuk pelaksanaan UNBK di tingkat SMK kemarin laporan yang disampaikan oleh petugas di lapangan dalam keadaan aman. Karena kemarin kita sudah melakukan antisipasi dengan menyediakan genset di masing-masing sekolah,” paparnya menambahkan.

Pihaknya tetap akan terus melakukan antisipasi terjadinya pemadaman listrik sampai dengan pelaksanaan UN betul-betul sudah selesai.(arli)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...