Sinergitas Pemerintah dan Pelaku Usaha di Kalteng Perlu Lebih Ditingkatkan

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Upaya memberikan dukungan yang nyata kepada pelaku usaha baik di Pusat maupun di Daerah, perlu sinergitas antara pelaku usaha dan Pemerintah baik Pusat atau pun Daerah yang sifatnya mutlak dan harus dilakukan.

Dengan adanya sinergitas dan kolaborasi yang ada, dunia usaha akan lebih maju dan berjalan dengan maksimal lagi. Program yang diberikan oleh Pemerintah yang ingin mendorong pertumbuhan secara berkelanjutan dan berkesinambungan dapat berjalan dengan baik.

Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Rosan P. Roeslani saat menghadiri kegiatan Rapat Pimpinan Kamar Dagang dan Industri Provinsi Kalteng Tahun 2017, Senin (17/04) di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng Jl.RTA Milono Km.1 Kota Palangka Raya.

Rosan menyampaikan, dengan banyaknya potensi yang ada di Kalteng tidak hanya dijadikan sebagai potensi aja, akan tetapi juga dapat diimplementasikan atau mengoptimalisasi segala potensi-potensi yang ada sehingga dapat mehasilkan sesuatu yang positif.

“Hal tersebut tentunya akan terwujud apabila ada kolaborasi antara Pemerintah dengan dunia usaha yang ada. Kalau kita lihat Bapak Presiden RI Joko Widodo sangat mendorong dunia usaha untuk berpartisipasi secara aktif,” jelas Rosan P. Roeslani dalam sambutannya.

Ia melanjutkan arahan dari Presiden RI, Setiap program kegiatan Pemerintah diberikan kepada dunia usaha baik bagi pelaku usaha yang tidak mampu atau pun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dari APBN maupun dari APBD.

Agar dapat mempermudah para investor baik dari lokal, negara maupun mancanegara yang ingin berinvestasi, Lanjutnya lagi menambahakan perlu adanya aturan yang mudah, baik, tepat sasaran dan tak kalah pentingnya harus sesuai dengan perundang-udangan yang ada.

“Kami dari KADIN Indonesia selalu melakukan koordinasi ke Pemerintah Daerah untuk memastikan, Perekonomian dan dunia usaha di Indonesia selalu tumbuh dengan baik, berkesinambungan serta berkeadilan. Oleh sebab itu pihaknya mengapresiasi langkah-langkah yang sudah diambil Pemerintah Provinsi Kalteng,” paparnya.

Disamping itu, Ketua KADIN Kalteng Tugio menyampaikan, dalam waktu Dekat pihaknya akan menghimpun database pelaku usaha mikro kecil, menegah dan besar yang dilakukan secara simultan di seluruh Kabupaten dan Kota se Kalteng.

“Pelaku usaha kecil dan menengah yang menjadi pelopor usaha produktif serta mampu menyelamatkan negara ini dari segala keterpurukan ke depan. Dengan adanya kerjasama dengan Bank Kalteng ke depannya dapat dibantu dan juga dipermudah, agar bunganya bisa murah gimana caranya.” jelas Tugio.

Dia juga menyampaikan, potensi yang ada di Kalteng sendiri cukup besar dan belum dipergunakan oleh masyarakat Kalteng sehingga perlu sentuhan-sentuhan tangan-tangan terampil generasi muda untuk menuju Kalteng yang lebih maju.(arli)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...