Serapan Anggaran Baru 43 Persen, Pj Sekda Tegur Seluruh SKPD

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Serapan anggaran, baik Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Alokasi Umum (DAU), Bantuan Keuangan (Bankeu) Provisni Banten, di seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Pandeglang pada triwulan pertama masih rendah. Hal itu terlihat dalam presentase penyerapan anggaran APBD Pandeglang 2017 yang baru sebesar 43 persen.
Kepala BPKD Pandeglang, Ramadani mengakui jika SKPD termasuk SKPD yang ia pimpin masih rendah dalam menyerap anggaran. Bahkan kata dia, Pelaksana jabatan Sekretaris Daerah (Pj-Sekda) selaku koordinator pengelola keuangan daerah sudah melayangkan surat resmi (teguran) yang ditanda tanganinya.

“Surat itu bagian dari teguran perihal serapan yang masih rendah, dan langsung disampaikan hampir ke seluruh SKPD. Hal itu karena beban pekerjaan di triwulan pertama penyerapannya masih dibawah 60 persen, banyak juga alasannya seperti proses lelang masing berproses sampai saat ini belum ada pemenang. Sehingga penyerapan belum ada, beberapa kegiatan yang belum optimal karena alih tugas beberapa pejabat eselon III dan IV,” kata Ramadani, Selasa (25/4/2017).

Menurutnya, dari seluruh SKPD hanya 3 kecamatan yang mampu menyerap anggaran di atas 70 persen, yakni Kecamatan Pulosari, Pandeglang, dan Sumur.
“Kalau SKPD yang lainnya dibanding yang tiga itu rata-rata penyerapannya dibawah 60 persen. Dan semuanya mendapatkan teguran dan surat merah dari pak Pj-Sekda,” ungkapnya.
Ramadani melanjutkan, pihaknya bakal mengenjot semua SKPD agar di triwulan ke II nanti penyerapannya bisa lebih optimal. Mengingat, target penyerapan ditentukan sendiri oleh masing-masing SKPD yang bersangkutan.
“Kalau penyerapan mereka (SKPD) tidak mencapai target yang telah dikomitmenkan atau ditetapkan, berarti tunjangan daerah (tunda)-nya dipending. Karena kalau kami itu hanya membuat surat penyediaan dana (SPD) baik itu triwulan pertama maupun triwulan kedua,” jelasnya. (Kr)

 

Editor: Irdan

Comments
Loading...