Sepuluh Orang Narapidana Rutan Kapuas Dapat Pembebasan Bersyarat

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Sebanyak 10 orang narapidana rumah tahanan (Rutan) kelas IIB Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas mendapatkan cuti beryarat (bebas bersyarat) dan 1 orang narapidana lainnya mendapatkan pembebasan murni.

Penyerahan surat pemberian bebas bersyarat kepada 10 narapidana dan surat pemberian bebas murni kepada 1 orang narapidana dilakukan langsung Kepala Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas, Husaini, pada puncak peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 51 tahun 2017 di Rutan Kapuas, Kamis (27/4/2017).

Husaini mengatakan, 10 narapidana yang diberikan pembebasan bersyarat tersebut merupakan kasus perkara ringan, seperti illegal logging dan pencurian. Pun satu orang narapidana yang mendapatkan pembebasan murni juga merupakan kasus ringan dengan hukuman 1 tahun penjara. “Mereka yang bebas bersyarat  kasusnya perkara ringan saja, seperti masalah kayu dan pencurian, ternasuk yang bebas murni juga kasusnya ringan,” katanya.

Pemberian bebas bersyarat terhadap 10 orang narapidana tersebut terhitung dari 27 April sampai dengan 21 Agustus 2017 dengan ketentuan wajib lapor 7 hari sesudah surat bebas bersyarat diberikan. Husaini berharap mereka yang mendapat pembebasan tidak mengulangi lagi perbuatan yang melanggar hukum.

“Bertepatan dengan momentum hari pemasyarakatan ini, mudah-mudahan dia tidak mengulangi lagi perbuatan yang melanggar hukum. Jadi, itu harapan kami,” ucap Kepala Rutan Kuala Kapuas.

Pada acara puncak peringatan hari pemasyarakatan ke 51 tahun 2017 di Rutan kelas IIB Kuala Kapuas, selain penyerahan surat pemberian pembebasan bersyarat, juga pembacaan sambutan tertulis Menteri Hukum dan HAM oleh Kepala Rutan Kapuas Husaini.

Selain itu juga penyerahan hadiah pemenang lomba, syukuran dan hiburan. “Saat acara hiburan kita selipkan penyerahan hadiah bagi juara lomba olahraga voly, futsal dan juara pemenang lomba olahraga lainnyan,” terang Husaini. (irf)

Editor: Hdiayat

Comments
Loading...