Peta Usulan Pemerintahan Negara di Kalteng Disampaikan ke Pusat

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Wacana pemindahan Ibu Kota Pemerintah Negara ke wilayah Provinsi Kalimantan Tengah yang rencananya berada di lokasi lahan 500.000 Ha di tiga Daerah seperti Kota Palangka Raya, Kabupaten Gunung Mas dan Kabupaten Katingan menjadi perbincangan hangat di tengah-tengah masyarakat saat ini.

Bagaimana tidak, beberapa masyarakat Kalteng masih beranggapan Pemerintah Provinsi Kalteng dinilai masih belum siap. Seperti masih banyaknya persoalan yang belum bisa diselesaikan sampai dengan sekarang, seperti persoalan Rencana Tata Ruang Provinsi (RTRWP) masih belum bisa diimplementasikan.

Menyangkut persoalan sengketa tapal batas antar Provinsi tetangga dan masih belum bisa mandiri dari berbagai bidang, seperti dalam hal pangan, transportasi, dan juga hal yang sangat penting sekali menyangkut ketersediaan tenaga listrik. Namun ada juga masyarakat yang menilai Pemerintah Daerah Provinsi Kalteng sudah siap akan hal pemindahan Pemerintahan Negara Republik Indonesia.

Seperti yang disampaikan Pj.Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng Syahrin Daulay kepada awak media baru-baru ini, Pemerintah Daerah Provinsi Kalteng sudah melakukan sejumlah persiapan-persiapan, termasuk pembuatan peta Ibu Kota Pemerintahan Negara, dan ini sudah disampaikan ke Pusat.

“Peta yang kita sampaikan itu tadi, nantinya akan dipelajari oleh Pemerintah Pusat. Kita sudah sangat siap pemindahan Ibu Kota Pemerintahan Negara di Kalteng. Provinsi Kalteng letaknya persis di tengah-tengah wilayah NKRI baik utara, selatan, timur dan baratnya,” jelas Syahrin Daulay.

Disinggung terkait adanya sejumlah keberatan dari masyarakat Kalteng terkait wacana tersebut. Ia menjelaskan, tugas Pemerintah Provinsi Kalteng untuk memberikan Informasi kepada masyarakat, pihaknya yakin cita-cita dari Bung Karno ini akan terwujud.

Dirinya sangat yakin, apa yang sudah menjadi Visi dari Bung Karno sendiri, lanjutnya menambahkan, jarang yang tidak tepat atau tidak terjadi. Belum lagi Wilayah Kalteng relatif masih sangat luas, kemudian aman dari segi lingkungan seperti tidak terjadi gempa dan sebagainya.

“Saya rasa, rencana pemindahan Ibu Kota Pemerintahan Negara ke Kalteng ini masyarakatnya juga sudah siap,” tutupnya.(arli)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...