Perpustakaan Pemko Palangka Raya Perlu Tempat yang Lebih Ideal

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Keberadaan kantor Perpustakaan dan Kearsipan Kota Palangka Raya, selama ini dinilai masih belum ideal sebagai tempat atau wadah yang notabene menjadi pusat perpustakaan maupun kearsipan. Kondisi tersebut jelas akan mempengaruhi terhadap upaya optimal dalam pengembangan perpustakaan di Kota Palangka Raya itu sendiri.

“Secara tata letak maupun bangunan Kantor Perpustakaan dan Kearisipan masih jauh dari harapan. Memang  seharusnya bertempat di lokasi yang strategis, sehingga memudahkan pengunjung untuk mengaksesnya,” ungkap Wakil Walikota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio, Jumat (07/04).

Menurut Mofit, yang namanya perpustakaan merupakan fasilitas publik, maka harus bertempat dimana orang atau publik mudah untuk mengaksesya.

“Sekarang kantor kita ini bertempat di Jalan Tjilik Riwut kilometer 5 satu lingkungan dengan banyak instasi maupun kantor Pemerintah Kota Palangka Raya itu sendiri. Ya, kalau secara umum, maka pusat pendidikan tidak ada di sekitar kantor kita ini,” tutur Mofit.

Padahal, lanjut dia, diharapkan perpustakaan itu bisa terakses oleh peserta didik, sehingga mestinya kantor juga didekatkan dengan fasilitas pendidikan. Idealnya ditempatkan di Dinas Pendidikan saat ini, atau berdampingan di tempat tersebut. Jika tidak, di kantor eks Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) yang sekarang di tempati oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Sangat idealnya di sana, tetapi bukan berarti saya menyebut Disdik dan BPBD tidak ideal di sana loh,” canda orang nomor dua di Kota Cantik itu.

Tetapi, lanjut dia, kedepannya Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya akan memusatkan kantor di kawasan lingkar dalam, Jalan Ir. Soekarno.

Diharapkannya, nanti sekolah yang sudah terlalu padat di suatu wilayah dapat juga disebarkan agar benar-benar merata.

“Jangan sampai ada anak yang beralamat di Jalan Tjilik Riwut km 9 atau 10 yang harus bersekolah di kawasan Mantikei. Setiap hari harus menempuh puluhan kilometer untuk mendapat pendidikan,” tandasnya.(AF)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...