PERDAMI Gelar Operasi Katarak Gratis

 MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Sedikitnya, 36 orang warga kurang mampu mendapatkan pelayanan operasi katarak secara gratis di rumah sakit umum daerah (RSUD) dr H Soemarno Sostroatmodjo Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas, Jumat (28/4/2017).

Kegiatan operasi penyakit katarak secara gratis tersebut merupakan kerjasama Persatuan Dokter Ahli Mata (PERDAMI) dengan Badan Layanan Unit Daerah (BLUD) rumah sakit umum daerah Kuala Kapuas, Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng dan Dinkes Kapuas.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur RSUD dr Soemarno Sostroatmodjo Kuala Kapuas, dr Agus Waluyo mengungkapkan, target operasi katarak yang dicanangkan PERDAMI sebenarnya hanya 22 mata, namun yang terdaftar sebanyak 56 mata.

“Dari jumlah yang terdaftar itu, yang datang sampai hari ini hanya 41 orang dan setelah dilakukan pemeriksaan sebelum dilaksanakan operasi ternyata ada 6 orang yang terjadi peningkatan intraokuler (hipertensi di mata), sehingga itu tidak diperkenankan untuk dioperasi,” katanya.

Dengan demikian total mata yang berhasil dioperasi sampai, Jumat (28/4/2017), berjumlah sebanyak sebanyak 36 mata.  “Alhamdulilah pagi tadi sudah dilakukan folow up dan hasilnya setelah dibuka 36 mata yang dioperasi itu baik semua dan penglihatannya kembali lagi. Cuma tadi ada satu orang yang ada sedikit permasalahan sehingga harus di refair atau diperbaiki. Jadi, itu besok di folow up lagi, mudah-mudahan hasilnya juga sama seperti yang lainnya,” ujar Agus.

Untuk pasien yang diluar BPJS atau masyarakat tidak mampu, operasi katarak dibiayai oleh dana Pemerintah Kabupaten Kapuas dan PERDAMI. “Jadi, gratis, tidak ada dipungut biaya,” tegas dokter Agus.

Mantan pimpinan puskesmas itu menambahkan, tekhnis operasi katarak tahun ini adalah tekhnik operasi yang terbaru dan tercanggih yang biayanya minimal sebesar Rp 7 juta. “Bahkan ada yang sampai 10 juta, tapi yang ini gratis,” ungkapnya.

Operasi katarak tahun 2017 yang berlangsung di RSUD Kapuas, ditutup secara resmi oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat. Orang nomor satu dilingkup Pemkab Kapuas itu pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah melaksanakan operasi karatak massal gratis tersebut. (irf)

Comments
Loading...