Pemkab Pandeglang “Berkolaborasi” Dengan Bulog Dan Kopelindo

MENARAnews, DKI Jakarta – Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita melakukan kerja sama dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) Pusat dan Kopelindo. Dengan dengan adanya kooperasi tersebut, akan dibentuk PT Mitra Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Nusantara di tiap Kabupaten Kota. Mitra BUMDes tersebut akan membawahi mitra BUMDes yang ada di desa, Kamis (27/4/2017) di Hotel Rasuna Jakarta.

Selain Kabupaten Pandeglang, ada tujuh Kabupaten lainnya yang bekerja sama dengan Bulog dan Kopelindo, diantaranya Kabupaten Sleman, Bojonegoro, Kebumen, Indramayu, Bone, Kerinci, dan Muara Bungo.

Hadir Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro, Menteri BUMN Rini Soemarno, Dirut BRI Pusat Suprajarto, Wakil Dirut BNI Heri Sidarta, Devisi Bank Mandiri Anastasya Hendayani, Eksekutif Manager Bank BTN Budi Wiryanto, PIHC Direktur SDM Ahmad Tausin, Dirut Sanghiang Sri Saipul Bahri, Direktur Hubungan Strategis Pos Indonesia Nur Fajriyansah, Direktur Jasindo Jasindo Solihah.

Direktur Perum Bulog Djarot Kusumayanto menuturkan, Bulog merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang digandeng untuk berkolaborasi dengan BUMN lainnya dalam membentuk anak perusahaan yang dinamakan PT. BUMDes Nusantara.

“Dengan adanya BUMDes ditiap kabupaten dan membawahi BUMDes, Desa diharapkan dapat meningkatkan usaha milik desa. Dan mewujudkan ekonomi perdesaan yang berkeadilan,” katanya.

Sementara itu, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo mengatakan, dengan adanya BUMDes, akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Di Indonesia, lanjut kurang lebih ada 4000 BUMDes yang suskses.

“Jadi BUMDes ini jangan hanya seremoni semata, namun harus serius dalam pengelolaannya untuk memajukan ekonomi desa,” katanya.

Menurutnya, tidak hanya kualitas infrastruktur desa yang menjadi perhatian Pemerintah, namun ekonominya pun harus dapat berkembang.

“Untuk itu, harus ada Program Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades), diantaranya membuat klaster untuk program unggulan desa. Persoalan di desa yang saat ini dihadapi adalah kurang fokus terhadap program unggulan,” jelasnya.

Terpisah, Bupati Pandeglang Irna Narulita membeberkan, pihak Pemerintah Daerah sangat mendukung sekali dengan dibuatnya Mitra BUMDes. Dengan adanya mitra BUMDes, ekonomi masyarakat dapat terus berkembang.

“Selain dari produk dari milik BUMN, produk unggulan daerah setempat pun dapat dimasukkan disana. Sehingga produk UMKM yang saat ini sudah ada dapat memiliki nilai ekonomis untuk menambah penghasilan masyarakat,” katanya. (Humas Pemkab Pandeglang)

 

Editor: Irdan

Comments
Loading...