Pemkab Kapuas Berencana Tambah Luasan TPA 

Bupati Kapuas saat meninjau TPA Handil Palingit.

MENARAnews, Kuala Kapuas, (Kalteng) – Mengantisipasi peningkatan volume sampah, Pemkab Kapuas berencana menambah luasan lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Handil Palingit, Kecamatan Pulau Petak.

Menurut Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat luasan lahan TPA Palingit saat ini sekitar 13 hektar. Meskipun lahan seluas itu hingga lima tahun kedepan masih mampu menampung sampah, namun pihaknya tetap akan menambah luasan TPA tersebut untuk mengantisipasi peningkatan volume sampah puluhan tahun kedepan.

“Dengan luasan sekarang ini mungkin sampai lima tahun kedepan masih mampu menampung sampah, tapi ya kita berpikirnya berpuluh-puluh tahun kedepan. Sehingga akan kita tambah lagi luasannya kanan kiri karena masih ada tanah yang mau dijual,” katanya saat meninjau TPA Handil Palingit, Sabtu (15/4/2017).

Karenanya, pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) perubahan tahun 2017 ini, Pemkab Kapuas akan mengusulkan anggaran untuk pembebasan lahan tersebut kepada legislatif. “Kita harapkan di anggaran perubahan ini akan kita usulkan untuk pembebasan lahannya, untuk mengantisipasi sampah kedepannya,” ujar Ben.

Terkait pengelolaan TPA, mantan Kadis PU Provinsi Kalteng itu menilai bahwa pengelolaannya sekarang cukup baik. “Sekarang sampah dipilah-pilah dulu, yang bisa dimanfaatkan diambil lalu sisanya ditimbun tanah kemudian menjadi sesuatu yang berguna, seperti gas metan,” ungkapnya.

Selain menambah luasan lahan TPA Palingit, Pemkab Kapuas juga akan terus meningkatkan sarana prasarana penunjang tempat penumpukan akhir sampah tersebut, salah satunya mengaspal jalan lingkungan TPA. “Mudah-mudahan dalam waktu segera bisa kita penuhi semua apa yang menjadi standar TPA,” tukas Ben Brahim. (irf)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...