Pelaksanaan Hari Pertama UNBK di Palangka Raya Berlangsung Lancar

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Situasi pelaksanaan awal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2017 di wilayah Provinsi Kalteng khsusunya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Palangka Raya, Senin (03/04) tampak berjalan dengan lancar.

Pantauan Menaranews.com di lapangan, seperti pelaksanaan UNBK di SMK di Palangka Raya, ada sekitar lebih kurang 376 siswa didik dari 4 sekolah seperti SMKN 1 Kota Palangka Raya 348 siswa, SMK Bethel 8 siswa, SMK Al-Islah 24 siswa dan SMKN 6 Kota Palangka Raya.

Kepala Sekolah SMKN 1 Kota Palangka Raya Ruanda ketika diwawancarai menyampaikan, pelaksanaan UNBK dilakukan 3 sesi selama satu hari sampai dengan Kamis (06/04) nanti, dengan menggunakan fasilitas komputer SMKN 1 Palangka Raya sebanyak 130 unit.

“Hari ini mata pelajaran Bahasa Indonesia, dari pagi sampai dengan saat ini tidak ada kendala. Mudah-mudahan sampai hari kamis nanti Insyaallah tidak ada kendala,” ujar Ruanda kepada awak media.

Berkaitan dengan antisipasi persoalan kelistrikan yang sewaktu-waktu bisa saja padam ketika pelaksanaan UNBK, menurutnya hal itu sudah diantisipasi sebelumnya dengan menghadirkan langsung tenaga teknis dari pihak PLN.

Begitu juga, lanjutnya dengan persiapan teknis. Dirinya sangat meyakini siswa yang melaksanakan UNBK tahun ini mendapatkan hasil yang maksimal. Seperti pelaksanaan simulasi yang dilakukan pihak sekolah sebelumnya.

“Sehingga siswa sendiri dapat beradaptasi dengan komputer-komputer yang akan mereka pegang nanti. Termasuk siswa SMK yang sudah gabung di SMKN 1 Palangka Raya,” jelasnya menambahkan.

Pelaksanaan UNBK sendiri lanjutnya lebih dalam, sudah dilaksanakan selama dua kali sejak tahun 2016 lalu sampai dengan sekarang. Dirinya juga menjelaskan kedepannya perlu ada penambahan sarana termasuk Unit Komouter dengan idealnya satu unit untuk satu siswa.

Sementara itu, salah seorang siswa SMKN 1 Palangka Raya yang mengikuti UNBK Firnanda ketika diwawancarai menyampaikan, saat mengikuti UNBK tidak ada kesulitan yang dirasakan.

“Saya ikut di sesi ke 2 dari jam 10:30 WIB sampai dengan jam 12:00 WIB. Ini baru pertama kali saya ikut, sebelumnya sudah dilakukan simulasi jadi tadi tidak ada masalah,” jelas siswa yang akrab disapa Nanda ini.

Sementara berdasarkan data yang diperoleh oleh Menaranews.com, setidaknya terdapat 112 Sekolah tingkat SMA/SMK di 14 Kabupaten/Kota menerapkan sistem UNBK, dari 350 Sekolah yang mengikuti UN di Kalteng. Jumlah siswa yang mengikuti UN di Kalteng mencapai 75.268 orang siswa.(arli)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...