Pedoman Pengelolaan Aset Daerah Disosialisasikan  

Sosialisasi/Bimtek Implementasi Permendagri Nomor 19 Tahun 2016

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng)  Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Kapuas melaksanakan sosialisasi/bimbingan teknis (Bimtek) implementasi Permendagri Nomor 19 Tahun 2016 tentang pedoman pengelolaan barang milik daerah dan metode penatausahaan barang milik, Selasa (18/4/2017).

Kegiatan yang berlangsung di aula Kantor Pemkab Kapuas Jalan Pemuda Kuala Kapuas tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat yang diwakili oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Vitrianson.

Dalam sambutan tertulisnya Bupati Kapuas mengatakan, pengelolaan barang milik daerah harus dikelola dengan sebaik-baiknya sehingga mendatangkan manfaat yang sebesar-besarnya guna mendukung pelaksanaan tugas pemerintah dan pembangunan daerah. “Sehingga terwujud kemakmuran yang didambakan seluruh rakyat,” katanya.

Karena itu, ia berharap dengan diadakannya sosialisasi/Bimtek tersebut dapat menyatukan dan menyamakan persepsi tentang pengelolaan barang milik daerah dan memberikan pemahaman sistem pengelolaan, pemanfaatan serta mekanisme pengelolaan barang milik daerah sehingga tercipta tata kelola aset yang baik melalui kerja cerdas, kerja tuntas, berkualitas dan ikhlas.

“Dengan tujuan terwujudnya opini Pemerintah Kabupaten Kapuas yang sebelumnya Wajar Dengan Pengecualian (WDP) menjadi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” tekan Ben dalam sambutan tertulisnya.

Kemudian, ia juga berharap melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan teknis dan administratif pengelola aset/barang daerah sehingga dapat menghasilkan laporan keuangan yang tepat waktu, handal dan reliabel serta meminimalkan kemungkinan adanya penyimpangan atau tidak menjadi temuan hasil pemeriksaan oleh BPK yang terkait dengan aset/barang daerah.

Khusus kepada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah sebagai leading sektor pengelolaan aset daerah bersama seluruh pejabat penatausahaan barang milik daerah pada SOPD Pemerintah Kabupaten Kapuas, Ben meninginkan instansi itu harus melakukan upaya pengelolaan barang milik daerah dengan cermat agar terwujud tata kelola aset daerah yang baik. (irf)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...