Palangka Job Fair Diserbu Ratusan Pencari Kerja

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Ratusan pencari kerja dari berbagai usia serbu Palangka Raya Job Fair yang di laksanakan diaula UPR yang akan berlangsung selama dua hari kedepan mulai 11-12 April 2017, dalam Job fair tersebut sedikitnya ada 34 perusahaan yang siap mencari pekerja.

“Perusahaan yang membuka stand lowongan pekerjaan sebagian besar ialah milik swasta. Namun, sebagian stand lain diikuti pemerintah kota,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Palangka Raya, Said Sulaiman, usai acara pembukaan, Selasa.

Pada Job Fair 2017 ini, lanjutnya ditargetkan sebnyak 1.200 pencari kerja, perusahaan yang siap mencari pekerja diantaranya perusahaan bidang otomotif, media massa, properti serta perhotelan dan restoran cepat saji.

Direktur Penempatan Kerja Dalam Negeri, Kementerian Tenaga Kerja, Nurahman yang hadir dalam acara pembukaan jalan mengatakan, berdasar data yang dikeluarkan satuan kerja nasional 2016, 8.000 lebih warga Palangka Raya tercatat menjadi pengangguran.

“Untuk itu, perlu adanya upaya keras dari pemerintah daerah untuk menekan angka pengangguran yang ada di daerah,” katanya.

Dia mengatakan, pemerintah harus mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan menciptakan masyarakat yang produktif dan memiliki kompetensi.

“Semakin memasuki era globalisasi maka kita juga harus mewaspadai dampak yang ada khususnya bagi tenaga kerja lokal. Untuk menyiapkan SDM yang mampu bersaing di era global maka masyarakat harus memiliki kompetensi kerja,” katanya.

Untuk itu, dia juga berharap pemerintah daerah terus meningkatkan kompetensi kerja warganya yang salah satunya melalui balai latihan kerja (BLK).(AF)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...