Legislator : Perketat Pengawasan Harga Sembako Jelang Ramadhan

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Jumatni meminta Pemerintah Kota (Pemko) setempat, untuk  dapat melakukan pengawasan secara ketat serta menjaga keseimbangan terhadap sejumlah harga kebutuhan pokok atau sembako, mengingat sudah mendekati bulan suci ramadhan.

“Pemko Palangka Raya, sejak dini lakukan pengawasan serta monitoring ketersediaan komoditas, termasuk menjaga keseimbangan harga berupa pengendalian harga. Sehingga para pedagang atau penjual maupun distributor kebutuhan komoditas pokok tidak seenaknya menaikan harga dipasaran,” ungkapnya, Selasa (25/04) di Palangka Raya.

Politikus partai PAN ini lebih lanjut mengatakan, upaya pemantauan harga dan pengendalian harga, hendaknya dilakukan secara kontinyu dan berkelanjutan, sehingga tidak putus pengawasan secara melekat dilakukan. Selama ini lemahnya pengawasan membuat banyak pedagang yang seenaknya menaikan harga dengan memanfaatkan momentum hari keagamaan.

“Setidaknya sosialisasi yang berisikan penekanan perlu dilakukan kepada pelaku pasar. Dengan turun langsung memonitor serta mengawasi pergerakan harga komoditas pokok, setidaknya dapat menjadi langkah awal dalam meredam gejolak naiknya harga,” cetusnya.

Untuk memperkuat pengawasan tentunya pemko melalui instansi terkaitnya, seperti Dinas Peridustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat, dapat secara bahu membahu melakukan pengawasan ketat. Bagusnya lagi bila melibatkan pihak dari kepolisian, dengan maksud untuk mengantisipasi maupun meminimalisir upaya pelanggaran yang bisa saja banyak dilakukan oleh oknum pelaku pasar yang tidak bertanggungjawab dalam memainkan harga komoditas.

“Semuanya bisa terjadi, dimana ada pihak-pihak yang memanfaatkan peluang untuk mendapatkan keuntungan besar. Contohnya  menimbun barang kebutuhan pokok, sehingga menjadi langka,” tukasnya.

Saat ini, tambah dia, harga komoditas pokok dipasaran, masih relatif aman dan terkendali. Karenanya sejalan dengan  itu, merupakan langkah tepat bila pemko sejak dini mulai melakukan pengontrolan dan pengendalian melalui pengawasan melekat.(AF)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...