Lakukan Vaksin Rabies, Ini Target Dinas Pertanian Kapuas

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Mengantisipasi penyebaran virus rabies, Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah rutin memberikan vaksin rabies kepada hewan peliharaan masyarakat di daerah setempat.

Rabies  atau umumnya dikenal sebagai penyakit anjing gila, merupakan  penyakit serius yang menyerang otak dan sistem saraf.  Penularan penyakit rabies berasal dari gigitan anjing dan bisa menular ke hewan lainnya seperti kucing dan kera.

Nah, pada tahun 2017 Dinas Pertanian Kapuas menargetkan sebanyak 3.000 ekor hewan peliharaan masyarakat seperti anjing, kucing dan kera yang tersebar di 17 kecamatan di daerah setempat akan diberikan vaksinasi rabies.

Hingga triwulan pertama tahun ini, setidaknya sebanyak 893 ekor hewan telah diberikan vaksin rabies untuk wilayah Kecamatan Kapuas Tengah dan Kecamatan Kapuas Hilir. Kegiatan pemberian vaksin dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Kesehatan Hewan Drh Anik Ariswandani.

Dalam waktu dekat tim akan melakukan vaksinasi rabies ke wilayah Sei Hanyo Kecamatan Kapuas Hulu. “Target kami tahun ini tiga ribu ekor dan sekarang sudah kita realisasikan sebanyak 839 ekor. Dalam waktu dekat vaksinasi rabies akan kami laksanakan di Kecamatan Kapuas Hulu, karena ada permintaan,” kata Kepala Bidang Perternakan Dinas Pertanian Kapuas Hery di Kuala Kapuas, Selasa (25/4/2017).

Adapun hewan yang akan di vaksinasi terdiri dari anjing, kucing dan kera. “Karena hewan penular rabies itu adalah anjing, kucing dan kera,” terang Hery.  Ia menambahkan, selama pihaknya melakukan kegiatan vaksinasi rabies dilapangan tidak mengalami kendala, karena mendapat pendampingan dari aparat desa setempat. (irf)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...