Korem 102/Paju Panjung Adakan Latihan Fisik Untuk Masyarakat

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Dalam mendorong serta mendukung peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di wilayah Kalimantan Tengah, Satuan Korem 102/ Panju Panjung melakukan pembinaan terhadap putra-putri daerah yang berkeinginan untuk masuk pada Akademi Militer, Akademi Kepolisian, dan lain-lain.

Pembinaan yang dimaksudkan berupa pemberian pelatihan kepada putra-putri daerah yang dilaksanakan di Markas Besar (Mabes) Korem 102/Panju Panjung Jl. Imam Bonjol Kota Palangka Raya tepatnya di lokasi sport center, tanpa ada pungutan biaya bagi yang berminat.

Hal tersebut langsung disampaikan oleh Danrem 102/Panju Panjung Kolonel.Arm.M.Naudi Nurdika kepada menaranews.com, Kamis (20/04), pelatihan atau bimbingan yang diberikan lebih kepada pembentukan kesehatan jasmani seperti kegiatan olahraga dan lain sebagainya.

“Kita juga nantinya akan melakukan pengecekan kesehatan sehingga kondisi tumbuh yang bersangkutan tau permasalahannya dimana. Kelemahan anak-anak yang dari Kalteng khusuanya, itu di gigi, kemudian mata, atau parises. Nah jika ini ketahuan, kan persoalan itu bisa diobati atau dicegah oleh masing-masing bersangkutan,” jelas Naudi Nurdika.

Pihak Korem 102/Panju Panjung sendiri hanya memfasilitasi. Dimana sekaligus memberikan masukan kepada generasi muda Kalteng yang berkeinginan untuk masuk ke TNI, Polri, STPDN dan sekolah kedinasan lainnya.

Salah satu contoh, kegiatan penerimaan Tamtama di wilayah Korem 102/Pjg, tahun ini ujarnya, ada sekitar 163 orang yang mendaftar. Sementara yang dikirim ke Komado Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura Pontianak (Kalimantan Barat.red) hanya sekitar 70 orang.

“Ya itu tadi, rata-rata kelemahannya di kesehatan itu tadi. Ini juga solusi agar masyarakat yang mau berkeinginan anaknya masuk ke TNI atau Polri sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sehingga tidak kerepotan ketika pelaksanaan penerimaan,” paparnya menambahkan.

Kegiatan tersebut sudah berjalan dalam beberapa minggu terakhir ini, dan nantinya ada penerapan sistem paket, seperti paket selama 6 bulan, paket 1 tahun dan paket 1,5 tahun tergantung peserta yang bersangkutan. Lanjutnya lagi menjelaskan, Contoh paket 6 bulan misalnya, bagi yang lulus SMA akan dilatih fisik dan kontrol kesehatan, sehingga ada kekurangan bisa segera diobati.

Ketika disinggung terkait motivasi Korem 102/Panju Panjung sendiri melaksanakan kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan ini, Perwira dengan Melati Tiga di Pundaknya tersebut menjelaskan, pihaknya berkeinginan agar masyarakat asli kalteng bisa masuk ke TNI atau Polri bagi dan memberikan jasa terbaik untuk daerah.

“Saya masih belum menemukan, saya baru satu menemukan ada Kolonel dari orang Dayak, dan yang bersangkutan sudah pensiun. Bahkan saya berkeinginan suatu saat nanti Danrem 102/Panju Panjung adalah orang Dayak, bahkan tidak menutup kemungkinan orang Dayak sendiri nantinya menjadi Pangdam,” harap perwira yang terkenal tegas dan karismatik ini.(arli)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...