Kontribusi PAD Kapuas Hanya Berkisar 5,15%

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Pendapatan Daerah Kabupaten Kapuas setiap tahunnya masih tergantung besar dengan pemerintah Pusat melalui dana perimbangan. Pasalnya, kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) setempat terhadap pendapatan daerah masih sangat minim.

“Kontribusi PAD terhadap pendapatan daerah Kabupaten Kapuas setiap tahunnya masih kecil atau berkisar 5,15% saja,” kata Wakil Bupati Kapuas H Muhajirin membacakan sambutan tertulis Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat pada rapat koordinasi dan evaluasi pendapatan daerah triwulan I tahun 2017 di aula Kantor Bappeda Kapuas

Dengan demikian, ujar Muhajirin, pendapatan daerah Kabupaten Kapuas masih sangat besar tergantung dari pemerintah pusat melalui dana perimbangan. Karenanya, semua pihak diharapkan dapat bersama-sama untuk terus memacu upaya peningkatan PAD melalui pajak dan retribusi daerah.

Ia juga berharap seluruh kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), camat, lurah dan Kades se-Kabupaten Kapuas, termasuk Badan Pertanahan Nasional Kapuas serta notaris di wilayah setempat untuk meningkatkan perannya dan proaktif dalam mendukung upaya intensifikasi dan ekstensifikasi PAD melalui kerja cerdas, kerja tuntas, berkualitas dan ikhlas.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Rakor dan Evaluasi Pendapatan Daerah Kapuas Juriansyah mengungkapkan, kegiatan yang dilaksanakan di aula Kantor Bappeda Kapuas itu bertujuan untuk menyatukan serta menyamakan persepsi tentang peningkatan pendapatan daerah Kabupaten Kapuas.

Termasuk  mengevaluasi hasil kinerja pendapatan daerah triwulan pertama tahun 2017, mengkoordinasikan permasalahan yang timbul di kecamatan, kelurahan desa dan wajib pajak agar target PAD dapat tercapai.

“Rakor dan evaluasi pendapatan daerah ini juga untuk menggali dan mengoptimalkan potensi pendapatan asli daerah dan merumuskan strategi penyelesaian masalah penerimaan pendapatan asli daerah,” jelas Juriansyah. (irf)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...