Komoditas Perkebunan Di Kalteng Relatif Stabil

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Perkembangan harga komoditi di bidang perkebunan yang ada di wilayah Kalimantan Tengah untuk saat ini relatif baik, dimana harga Kelapa Sawit tandan di Perusahaan Besar Swasta (PBS) yang ada rata-rata sudah di atas Rp.1.400 per Kg.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalteng, Rawing Rambang, untuk harga CPO saja untuk saat ini sudah berada di atas kisaran Rp.8000,- bahkan untuk harga karet saja relatif masih bagus yakni Rp.8000 sampai Rp.9000 di tingkat masyarakat.

“Untuk komoditi harga karet di wilayah Kalteng masih bagus, setidaknya sampai bulan Mei 2017 nanti. Ini karena permintaan di China ikut naik 5 persen,” jelas Rawing Rambang baru-baru ini di Palangka Raya.

Harga karet di tingkat Internasional untuk saat ini sebesar 2,37 US Dolar jika dirupiahkan sekitar Rp. 31.000,- sementara untuk harga pabrik dengan kadar keringnya 68 persen berada di harga sekitar Rp.13.250.

Disinggung terkait kesiapan dari Pihak PBS khususnya perkebunan kelapa sawit yang ada di Kalteng untuk menghadapi situasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di tahun 2017. Pemerintah Daerah sudah menyampaikan himbauan.

“Artinya kita meminta agar pihak perusahaan sudah siap terkait menjelang musim kemarau tahun ini. Tapi kayaknya bulan-bulan basah nih, kita beruntung.” pungkas Rawing menambahkan.

Biasanya April, lanjutnya lagi lebih dalam sudah mulai kemarau, dan biasanya puncak hujan di bulan Februari kemarin, tapi intensitas hujan saat ini semakin naik.

Berdasarkan situasi Karhutla di tahun sebelum, Ia beranggapan bahwa selama ini tidak ada kebun Masyarakat yang terbakar, tapi lebih banyak terjadi di beberapa kawasan yang ada.

“Kalau perkebunan masyarakat tidak ada. Mungkin saja kebun-kebun yang belum ada tanamannya. Dan itu biasanya terbakar,” tutupnya.(arli)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...