Komite Perjuangan Rakyat Sunatera Utara Gelar Kampanye Menyambut May Day

MENARAnews, Medan (Sumut) – Dalam menyambut hari buruh Internasional Gabungan Organisasi-organisasi Kota Medan yang tergabung dalam Komite Perjuangan Rakyat Sumatera Utara (KPRSU)  menggelar kampanye di Bundaran SIB, Medan, Rabu (26/4/2017)

Gelaran kampenye ini menuntu agar pemerintah lebih fokus dalam penyelesaian persoalan sosial terutama permasalahan kesejahteraan buruh yang dianggap belum maksimal di Sumatera Utara.

Menurut Koordinator Humas KPRSU Sabdam Ritonga menjelaskan bahwa persoalan kehidupan perburuhan masih banyaknya kebutuhan normatif yang tidak diberikan dari upah, status kerja, keselamatan kerja hingga hak mendirikan serikat masih menjadi persoalan .

“Kita lihat bahwa hari ini rakyat jangan terjebak ilusi demokrasi liberal, buruh tani nelayan sudah saatnya melawan karna memang situasinya rakyat belum sejahtera masih dihadapkan pada situasi coblos pulang (menyerahkan nasib pada partai) tapi tidak ada sikap yg mendukung secara mandiri.” ujar Sabdam

Kepada MENARAnews.com sabdam menjelaskan poin-poin tuntutannya berupa Cabut PP No. 78 tahun 2015, Lawan politik upah murah, Tolak revisi 13/2003 peo modal, jaminan pendidikan dan kesehatan gratis, dan lawan liberalisasi tenaga kerja.

Sabdam juga menambahkan bahwa selain poin tersebut Sistem ekonomi lagi krisis dan dikekang sikap militeristik aparat membuat masyarakat tidak bebas dalam mengembangkan serikat nya.

“Kami menginginkan Kemenaker mencabut peraturan yang dikeluarkan pada 17 april lalu untuk melarang buruh turun kejalan pada may day nanti, padahal mereka ingin memperjuangkan nasibnya” tegasnya

Selanjutnya koordinator lapangan (Koorlap) Mirnawani Daulay menyampaikan kampanye publik ini tidak sekedar menyambut situasi persiapan may day, namun juga ini bentuk persiapan aksi menyambut hari pendidikan pda tanggal 1 dan 2 May nanti.

“Ini hanya pra kampanye, inti targetannya adalah turun kejalan tanggal 1 hingga 2 may nanti dengan menggalang massa sebanyak-banyaknya. Kami sudah berkoordinasi dengan beberapa organisasi seperti  FPBI (Forum Persatuan Buruh Indonesia) , SMI (Serikat Mahasiswa Indonesia) , Komite Perjuangan Organisasi Bermuda (KPOB) dan lainnya dalam mendukung kaum buruh di sumatera utara.” Tutup mirna (Pik)

Comments
Loading...