Kepengurusan KPPM OD-TB Kalteng Resmi Dilantik

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Daralam rangka meningkatkan rasa kepedulian pemuda-pemudi terhadap adat istiadat budaya OT Danum, Kepengurusan Kerukunan Pemuda, Pelajar dan Mahasiswa OT Danum Tambun Bungai (KPP OD-TB) Provinsi Kalimantan Tengah masa bakti 2016-2017 resmi dilantik, Senin (03/04) di Kota Palangka Raya.

Pelantikan ditandai dengan adanya penandatangan berita acara pelantikan yang langsung dilakukan oleh Ketua Pengurus Provinsi Kerukunan Warga OT Danum Kalimantan Tengah Siun Jarias beserta Sekretaris Guntur Talajan didampingi para Tokoh OT Danum lainya.

Kepengurusan Kerukunan Pemuda, Pelajar, dan Mahasiswa KPPM OD-TM Provinsi Kalteng sudah terbentuk lama, yang di ikuti seluruh pemuda, pelajar, dan mahasiswa dari masing-masing Kabupaten/Kota se Kalteng, namun baru di SK kan pada tahun 2016 lalu.

Siun Jarias ketika diwawancarai menaranews.com menyampaikan, pembentukan sebuah organisasi tentunya memiliki tujuan. Oleh karena itu organisasi KPPM OD-TM diharapkan dapat mewujukan apa yang menjadi tujuan kedepanya.

“Salah satu tujuannya bagaimana pemuda pemudi OT Danum ini mempersiapakan diri untuk ikut ambil bagian dari segala aspek pembangunan Daerah di Kalimantan Tengah,” jelas Siun Jarias.

Selama ini ujarnya, warga OT Danum sendiri sudah membuktikan, cukup banyak tokoh-tokoh yang sudah ikut ambil bagian dalam berbagai hal baik di PNS, politik, dan kerukunan masyarakat dan bidang-bidang lain. Oleh karena itu generasi yang akan datang KPPM OD-TM sekarang ini akan melanjutkan partisipasi dan peran serta warga OT Danum untuk membangun Kalteng dalam berbagai aspek.

Disisi lain, Yansen Binti yang juga merupakan salah satu tokoh dari warga OT Danum ini memberikan motivasi kepada pemuda, pelajar dan mahasiswa OT Danum untuk terus membekali diri agar kedepannya menjadi orang yang mampu bersaing.

“Tentunya dibekali dengan pendidikan dan sumber daya manusia mereka ini, kalau kita menaruh harapan agar kedepannya mampu bersaing. Sebagai orang Dayak kami juga menghimbau kepada seluruh generasi muda untuk meninggalkan kebiasaan-kebiasaan yang menghambat dari remaja orang Dayak itu sendiri,” jelas Yansen.

Dirinya juga berkeinginan agar pemuda-pemudi OT Danum sendiri kedepannya tidak buta dengan politik, dan harus mengikuti perkembangan politik meski tidak secara langsung ikut terjun di dunia politik. Sehingga pemuda sendiri tidak luput dari pengamatan baik itu Undang-udang serta kebijakan Pemerintah lainnya.

Sementara itu Ketua KPPM OD-TM Kalteng Jon Hok Tong menjelaskan, tujuan dari berdirinya organisasi warga OT Danum ini pertama adalah membangun Sumber Daya Manusia yang ada di Kalteng khususnya warga OT Danum.

“Kedepanya pemuda mampu bersaing baik di tingkat Provinsi ataupun pada tingkat Nasional. Tentunya juga dapat menjaga kelestarian budaya Kalimantan Tengah dan hal-hal tersebut lah yang akan ditekankan,” jelas Jon.

Dia juga menginformasikan kepengurusan KPPM OD-TM Kalteng dalam waktu dekat akan mengikuti berbagai kegiatan seperti budaya D`ayak di Kalimantan Barat dan juga akan mengikuti kegiatan festival budaya di Kotawaringin Timur.

Pihaknya juga akan melakukan pendataan kepada pemuda, pelajar dan mahasiswa OT Danum yang ada di Kota Palangka Raya untuk bergabung bersama dalam wadah organisasi KPPM OD-TM.(arli)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...