Kementerian PUPR Bangun Rusun di Kapuas

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan, kini tengah membangun satu unit rumah susun (Rusun) di Kabupaten Kapuas.

Pembangunan Rusun senilai Rp 22,8 miliar tersebut berlokasi di belakang workshop Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kapuas Jl Patih Rumbih Kuala Kapuas. Menurut Kepala Bidang Perumahan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Kabupaten Kapuas Satriadi ST, MT, program pembangunan Rusun tersebut merupakan usulan instansinya.

“Kenapa kita usulkan bantuan program Rusun itu karena untuk rumah pegawai honorer Dinas PUPRPKP, tetapi masyarakat yang memang tidak punya rumah juga bisa tinggal di situ. Penempatan rumah itu nanti bukan gratis tapi sewa,” katanya di Kuala Kapuas, Rabu (12/4/2017).

Lanjut mantan Kabid Pengairan Dinas Pekerjaan Umum Kapuas itu, besaran tarif sewa rumah susun yang dibangun Kementerian PUPR di Kota Kuala Kapuas tersebut nantinya akan ditentukan oleh Pemda Kapuas melalui peraturan daerah (Perda).

Satriadi mengungkapkan, pembangunan Rusun rencananya setinggi 5 lantai, namun berubah menjadi 4 lantai. Perubahan perencanaan tersebut kata dia, memang dari pusat dan semua Rusun baik model maupun motifnya sama seluruh Indonesia.

Adapun Rusun yang kini dalam proses pembangunan itu nantinya akan ada pihak pengelolanya yang mengatur pengelolaan dalam Rusun tersebut, termasuk ada beberapa orang petugas security dan cleaning service.

“Masyarakat umum juga boleh tinggal di Rusun itu, bukan hanya untuk pekerja atau pegawai honorer Dinas PU saja. Tetapi itu bukan gratis namun tetap akan dipungut sewa,” pungkasnya. (irf) 

Editor: Hidayat

Comments
Loading...