Kecamatan Banjar Akan Dijadikan Kampung Kaneron

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (DKUMKM) Pandeglang berencana akan segera membuat kampung Kaneron di Kecamatan Banjar. Hal ini dilakukan agar kerajinan anyaman pandan tersebut bisa dikunjungi para wisatawan karena Pandeglang akan ada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung.

Kepala DKUMKM Pandeglang Cecep Djuanda mengatakan, wilayah Kecamatan Banjar sangat bagus untuk dijadikan Kampung Kaneron karena memiliki potensi dan produk unggulan kerajinan dari daun pandan.

“Kampung kaneron ini sedang kami persiapkan karena di Kecamatan Banjar ada empat desa yang konsen membuat kerajinan Kaneron dan bahan bakunya juga ada disitu,” kata Cecep, Selasa (25/4/2017).

Dijelaskan Cecep, dengan adanya kampung Kaneron, diharapkan bisa mengangkat perekonomian warga sekitar karena program tersebut sesuai dengan visi dan misi bupati sehingga pihaknya terus berusaha agar pelaku UMKM bisa berkembang.

“Dengan adanya Kampung Kaneron diharapkan perekonomian warga bisa meningkat dan kami juga terus konsen agar kegiatan pelaku UMKM bisa berkembang dengan baik,” jelasnya.

Agar pelaku usaha Kaneron tersebut berkembang, Cecep juga mengaku akan melakukan pembinaan kepada semua pengrajin dari daun pandan tersebut dengan harapan bisa memiliki nilai jual yang tinggi dan memiliki motif yang beragam.

“Kita juga nanti bekerjasama dengan semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah) agar kedepan disetiap ruangannya memiliki produk dari Kaneron dan saya berharap bisa dijadikan cinderamata,” katanya. (Kr)

 

Editor: Irdan

Comments
Loading...