Kasus PPS Penumangan Finish di DKPP

MENARAnews, Tubaba (Lampung) – Permasalahan dalam penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2017 di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) akhirnya selesai. Permasalahan itu berupa adanya ketidaknetralan salah satu panitia pemungutan suara (PPS) di Tiyuh (Desa) Penumangan, Kecamatan Tuba Tengah Kabupaten setempat menjelang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tubaba.
Kasus anggota PPS atas nama Masri tersebut diselesaikan dalam Sidang Kode Etik Dewan Kehormatan Peyelenggara Pemilu (DKPP) pada Kamis, 6 April 2017, dengan hakim lima orang yaitu Prof. Dr. Jimli Asshidqie. SH, Prof. Dr. Anna Erliyana, S.H., M.H, Ida Budhiarti, S.H.,M.H, Pdt. Saut Maminangan Sirait, B. TH, dan Endang Wihdatiningtiyas. SH.
Dalam sidang tersebut, para hakim mengeluarkan putusan sidang terhadap Masri KR bahwa sejak dibacakannya putusan itu hingga seterusnya tidak diperkenankan menjadi penyelenggara Pemilihan Umum baik Pilkada, Pileg, Pilpres maupun pemilihan umum lainnya. Putusan yang diberikan itu bersifat final dan mengikat.
Selain itu, DKPP dalam putusannya meminta kepada KPU Kabupaten Tubaba untuk menindaklanjuti putusan tersebut paling lama 7 (tujuh) hari setelah dibacakan dan meminta kepada Badan Pengawasan Pemilu RI untuk mengawasi pelaksanaan putusan itu.
Terkait hal tersebut, Ketua Panwaskab Tubaba, Midiyan, S.Sos yang hadir dalam sidang DKPP itu melalui MENARAnews  mengingatkan kepada seluruh panitia penyelenggara Pemilu untuk kedepannya harus menjaga netralitas dan integritas dalam pelaksanaan Pemilu agar berjalan sesuai dengan cita-cita bangsa.
“Kedepan netralitas dan integritas harus di tingkatkan, atau profesionalitas” tulis Midiyan dalam komunikasinya melalui whatsapp.
Selain itu, Midiyan juga mengingatkan kepada setiap orang yang ingin menjadi panitia penyelenggara Pemilu terutama Panwaslu, untuk benar-benar memahami tugas dari penyelenggara Pemilu dan meniatkan dirinya dengan sungguh-sungguh agar tidak terjadi pelanggaran dalam pelaksanaan Pemilu. “Kalau niat tidak baik, tidak usah jadi Panwas” imbuhnya. (RZ)
Comments
Loading...