Kasus Narkoba Mukomuko, Polisi Ciduk Dua Pemuda Pondok Suguh

Satu diantaranya anak dibawah umur

MENARAnews, Kab. Mukomuko (Bengkulu) – Kepolisian resort (Polres) Mukomuko menciduk dua orang pelaku penyalahgunaan narkoba di Kecamatan Pondok Suguh.

Operasi penangkapan yang dipimpin langsung Kapolres Mukomuko, AKBP Sigit Ali Ismanto, SIK tersebut berhasil mengamankan paket narkoba jenis sabu seharga Rp. 500 ribu dari tangan pelaku.

“Itu kamis kemarin (30/03), langsung dipimpin Kapolres, pelaku yang ditangkap dua orang, pertama inisialnya DD (17), dikembangkan dan kemudian kita ringkus yang kedua inisial AS (27),” ungkap Kasat Narkoba Polres Mukomuko, AKP Habson, kepada awak media, Selasa (04/04/2017).

Ia menyebutkan, pelaku pertama ditangkap saat akan menggunakan zat adiktif tersebut di sekitar pabrik PT. Bumi Mentari Karya (BMK).

Diketahui, pelaku DD ini tergolong masih berusia dibawah umur dan merupakan tamatan pendidikan sekolah dasar saja.

Sementara itu, AS sendiri diringkus langsung di rumahnya di Desa Batu Eunjung yang diduga merupakan kurir barang haram tersebut.

“Dari keterangan AS kemudian diketahui narkoba tersebut dipesan dari seseorang berinisial B yang mencarikan barang itu, tapi saat kita geledah tidak ditemukan adanya narkoba jenis apa pun, tetapi kita menemukan timbangan dan korek,” ujarnya.

Ia menduga zat adiktif tersebut berasal dari Bengkulu tetapi bukan dari Bengkulu langsung melainkan dari orang yang sudah memiliki barang.

Akibat penyalahgunaan narkoba ini, kedua pelaku terjerat Pasal 112 Sub 127 Undang-Undang No. 35 tahun 2009 dengan hukuman minimal 4 tahun dan maksimal 12 tahun.

“Namun untuk DD, juga diberlakukan Undang-Undang No. 11 tahun 2012 tentang perlindungan anak karena tergolong berusia dibawah umur,” tutupnya. (AL)

Comments
Loading...