Kapuas Ngaju Siap Menjadi Daerah Ortonom Baru

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Harapan masyarakat di Kabupaten Kapuas bagian hulu, tampaknya bakal menjadi kenyataan. Pasalnya, pada bulan Mei 2017 ini, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Tengah bakal mengagendakan paripurna terkait persetujuan dewan dengan Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran menjadikan Kapuas Ngaju menjadi daerah otonom. Hal itu seperti yang dikatakan Sekretaris Komisi A DPRD Provinsi Kalteng Hj Noor Fazariah Kamayanti.

Menurutnya, setelah pihaknya melakukan kunjungan kerja ke Pujon (yang direncanakan menjadi ibukota kabupaten Kapuas Ngaju) beberapa waktu lalu (31/3), dirinya menilai bahwa daerah tersebut untuk kelengkapannya sudah memadai. Hanya tapal batasnya saja lagi, antara dengan Barito Utara dan Kapuas. “Intinya, untuk kelengkapannya sudah memadai, dan sudah memenuhi syarat,” ujar yang biasa disapa dengan Kamayanti saat dibincangi melalui via telepon, Senin (3/4).

Maka, sambungnya, komisi A DPRD Kalteng sangat mendukung adanya daerah otonom baru tersebut. “Kita sangat mendukung. Karena kita menilai pemekaran ini sudah seharusnya dilakukan. Jadi Kapuas Ngaju siap diparipurnakan,” tegasnya.

Sebab, lanjut Kamayanti, dengan adanya DOB tersebut, akses pelayanan publik semakin dekat, dan terasa. Baik pelayanan ke pemerintahan, kesehatan, pendidikan, dan keamanan terasa. Begitu juga dengan pembangunan, seperti halnya infrastruktur menjadi merata. “Jadi dengan begitu, kesejahteraan masyarakat dapat meningkat,” ungkap wakil rakyat daerah pemilihan (Dapil) V Provinsi Kalteng tersebut.

Atas dasar itu, pihaknya berharap agar pemekaran Kapuas Ngaju segera diparipurnakan untuk disetujui bersama antara DPRD Provinsi Kalteng dan Gubernur. “Diperkirakan bulan Mei ini diparipurnakan,” kata Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Kapuas itu.

Untuk diketahui, tambah Kamayanti, panitia pemekaran dan masyarakat di sana sudah mempersiapkan lahan seluas 200 hektare untuk pembangunan kantor pusat pemerintahan ibukota Kapuas Ngaju tersebut. “Artinya, masyarakat di sana sudah siap. Jadi kita akan perjuangkan aspirasi masyarakat ini, dan Mei 2017 insya Allah diparipurnakan,” pungkas Hj Noor Fazariah Kamayanti. (kontributor)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...