Jalan Desa di Wilayah Pesisir Kapuas Rusak Parah

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Keberadaan infrastruktur jalan di wilayah pesisir Kecamatan Kapuas Kuala, Kabupaten Kapuas,Kalimantan Tengah saat ini perlu mendapatkan perhatian Pemkab Kapuas. Sepertihalnya ruas jalan dari Desa Sei Teras-Desa Cemara Labat-Palampai dan Desa Pematang yang saat ini kondisinya rusak parah.

Kepala Desa Cemara Labat Bahrianor mengungkapkan, dari Desa Sei Teras menuju ke Desa Camara Labat hingga ke dua desa lainnyasekarang tidak bisa lagi ditempuh menggunakan jalur darat. Sebab, kondisi jalannya mengalami kerusakan yang cukup parah.

“Panjang jalan dari Sei Teras ke Cemara Labat, Palampai dan Pematang dua puluh lima  kilometer, dan sepanjang jalan itu bila musim hujankondisinya lumpur semua sehingga tidak bisa dilewati baik mengunakan kendaraan roda dua maupun roda empat,” ujarnya saat bertandang ke Kantor DPRD Kapuas, Jumat (7/4/2017) siang.

Karena akses jalan darat tidak dapat dilewati, maka masyarakat terpaksa harus menggunakan jasa transportasi air. “Jalan itu sudah lama tidak bisa dilewati karena rusak. Terpaksa kalau mau pergi ke mana-mana kami menggunakan jasa klotok (perahu motor) yang biayanya cukup besar,” terang Bahrianor.

Lanjut Kades Cemara Labat, jalan yang rusak tersebut statusnya merupakan jalan kabupaten sehingga tidak bisa dilakukan perbaikan melalui anggaran desa. “Kalau seandainya saja dana desa bisa digunakan untuk memperbaiki jalan itu, tentu sudah kami lakukan. Tapi karena jalan itu statusnya jalan kabupaten maka itu merupakan tanggungjawab pemerintah daerah,” tandasnya.

Untuk itu, Bahrianor sangat berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas dapat melakukan perbaikan jalan yang menghubungkan 4 desa di wilayah pesisir Kecamatan Kapuas Kuala itu. Pasalnya, jalan tersebut sangat diperlukan untuk menunjang perekonomian desa.

“Untuk memasarkan hasil usaha masyarakat seperti usaha tambak, kebun semangka terpaksa harus menggunakan klotok dengan biayanya cukup mahal. Jadi, kami harap Pemkab Kapuas dapat segera memperbaiki jalan itu, karena masyarakat selalu mengeluh,” katanya.

Anggota DPRD Kapuas daerah pemilihan (Dapil) satu, Olva Yanti, membenarkan kerusakan jalan yang menghubungkan 4 desa di wilayah pesisir Kecamatan Kapuas Kuala itu. Ia pun mengharapkan agar Pemkab Kapuas melalui instansi tekhnisnya dapat memprogramkan penanganan jalan tersebut. “Karena kasihan masyarakat, mereka di sana kesulitan untuk memasarkan hasil kegiatan usahanya,” katanya. (irf)

Editor : Hidayat 

Comments
Loading...