Isi Kekosongan Hakim Agung di MA, KY Gelar Seleksi Kualita Calon Hakim Agung

Menaranews, DKI Jakarta – Komisi Yudisial (KY) kembali menggelar seleksi kualitas untuk Calon Hakim Agung (CHA) yang di selenggarakan di Balitbangdiklatkumdil Mahkamah Agung, Mega Mendung, Bogor, Rabu (26/4).

Acara tersebut berlangsung selama duhari yang diikuti 82 CHA, masing-masing terdiri atas 49 orang dari jalur karier dan 33 orang dari jalur nonkarier. Acara tersebut juga dibuka langsung oleh Ketua Komisi Yudisial, Aidul Fitriciada Azhari.

“Di hari pertama, para peserta menjalani tes berupa pengerjaan studi kasus Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH) dan pembuatan karya tulis. Seleksi tersebut berjalan lancar,” ungkap Juru Bicara KY, Farid Wajdi dalam rilis persnya, Rabu (26/4).

Ia melanjutkan, pada hari berikutnya para peserta CHA akan di seleksi di bidang mengerjakan penyelesaian studi kasus hukum dan tes objektif. “Hal ini dilakukan guna mengukur dan menilai tingkat kapasitas keilmuan dan keahlian CHA,” jelasnya.

Lebih lanjut, Farid menjelaskan, seleksi yang diikuti 82 orang ini dibagi untuk beberala kamar, diantaranya 23 orang di kamar Pidana, 29 orang di kamar Perdata, 22 orang di kamar Agama, 5 orang di kamar Tata Usaha Negara, dan 3 orang di kamar Militer.

Sekadar informasi, seleksi ini untuk mengisi kekosongan enam jabatan hakim agung di Mahkamah Agung (MA) yang terdiri dari: 1 orang kamar pidana, 2 orang kamar perdata, 1 orang kamar agama, 1 orang kamar militer (berasal dari militer), dan 1 orang kamar tata usaha negara (yang memiliki keahlian hukum perpajakan). (RF)

Comments
Loading...