HET Pangan Diberlakukan, Harus Benar-benar Dimplementasikan

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Rencana Pemerintah pusat untuk segera  memberlakukan patokan harga acuan nasional pada sejumlah komoditas bahan pangan pokok, mendapat dukungan banyak pihak di daerah termasuk di Kota Palangka Raya.

“Bila patokan harga eceran tertinggi (HET) untuk beberapa komoditas pokok, mulai dari gula, minyak goreng dan daging, jadi diberlakukan, maka sudah sangat tepat dan perlu kita dukung maupun dimplemetasikan,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Palangka Raya, Aratuni D Djaban, Senin (10/04).

Ia mencontohkan, untuk komoditas gula, dimana memang perlu di kontrol pemerintah, karena gula  termasuk salah satu bahan pokok yang sangat rentan di interpensi dan dinaikkan harganya.

“Kita sangat setuju jika pemerintah pusat mencanangkan HET untuk gula,” katanya lagi menerangkan.

Menurutnya dengan adanya ambang batas atas harga, maka campur tangan kartel dapat ditekan. Karena selama ini sering kali harga di pasaran dipermainkan oleh segelintir orang dengan mengatur pasokan barang.

“Maka itu di sini perlu peran serta pemerintah untuk mengawasi, karena gula merupakan komoditas yang sangat penting di masyarakat,” tuturnya.

Jika hendak menentukan HET pasti pemerintah pusat sudah melakukan pendataan dan pengkajian perhitungan yang matang. Memperhatikan semua aspek mulai dari pengendalian stok sampai permodalan.

“Harus diakui dalam mekanisme pasar, maka agak susah mengatur ketentuan harga dari sebuah komoditas. Tetapi jika di tentukan HET melaui aturan  dan kebijakan pemerintah, maka ada rambu-rambu, bagi pemerintah daerah  dalam mengendalikan stabilitas harga komoditas di tingkat pasar,” tukasnya.

Sebelumnya AT Prayer, anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, menilai langkah pemerintah pusat untuk menentukan harga acuan terhadap sejumlah komoditas dinilai tepat.

“Dengan diberlakukannya HET, tentu akan ada sisi positifnya. Masyarakat akan tahu harganya secara umum. Begitupula untuk komoditas yang ditentukan HET-nya,” ujar At Prayer.(AF)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...