GMKI Gelar Aksi Kecam Tindak Kekerasan terhadap Penyidik KPK

MENARAnews, Medan (Sumut) – Menyikapi kasus kekerasan terhadap penyidik KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi)  Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang medan menggelar aksi didepan Sekretariat jl. Iskandar Muda No 107A. Rabu (12/4/2017)

Aksi yang dipicu atas penjegalan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab terhadap penyidik KPK Novel Baswedan saat setelah menggelar Sholat dimasjid dengan menyiram air keras ke wajah Novel mengundang reaksi aktivis di Sumatera Utara.

Menurut Ketua Cabang GMKI Medan Valentino Panjaitan Teror terhadap pemberantasan korupsi bentuk intimidasi terhadap KPK, dimana ini bukan kejadian pertama kalinya yang dialami penyidik KPK ini (Novel Baswedan) mulai dari kecelakaanyang mencurigakan tahun 2015 saat melaksanakan tugas di Nusa Tenggara Barat.

“ini bukan tindakan yang pertama kali KPK diteror, mulai dari kecelakaan mencurigakan, percobaan penembakan, tabrak lari hingga kasus peyiraman air keras Terhadap Novel Baswedan.” ujar Valentino

Valentino menegaskan kejahatan korupsi adalah kejahatan luar biasa (extraordinary crime) yang akan merusak keutuhan negara.

Berikut tuntutan dari GMKI yang disampaikan oleh Ketua cabang GMKI Medan:

1. Kami mengecam tindak kekerasan dalam bentuk penyiraman air keras terhadap salah satu penyidik KPK (Novel Baswedan) yang merupakan tindakan diluar peri kemanusiaan.
2.Kami meminta Presiden RI dan Kapolri bersikap tegas dalam pengungkapan kasus teror terhadap KPK, biarkan KPK jadi panglima dinegeri ini.

3. Pemerintah harus memberikan perlindungan yang lebih kuat kepada pimpinan KPK dan seluruh pegawai nya agar tetap menjalankan tugasnya memberantas korupsi.

4. Kami menyerukan pada Presiden dan DPR  untuk berkomitmen menghentikan uapaya-upaya pelemahan KPK baik dalam bentuk teror maupun dalam bentuk Merevisi UU KPK.

5. Kami mngajak masyarakat secara keseluruhan untuk mendorong dan meggelorakan dukungan kepada KPK agar lebih gencar dalam menjalankan dan menjegah aksi korupsi demi Indonesia yang bersih.

6. KPK harus tak gentar dalam memberantas para koruptor yang merusak NKRI tampa pandang bulu.

Selanjutnya Anugrah ompusunggu meyampaikan bahwa setelah tindakan DPR yang merevisi undang undang KPK sebagai bentuk pelemahan fungsi KPK saat ini KPK kebali diteror dengan penyiraman air keras terhadap penyidik KPK.

“Kami mengecam keras tindakan penyiraman air keras ini, ini tindakan seperti mengintimidasi keberadaan KPK , kami meminta presiden harus tegas dalam mengungkap kasus ini, dan kami ingin kpk terus dilindungi” ungkap anugrah

Anugrah menambahkan aksi ini kami lakukan dalam bentuk dukungan kami terhadap KPK.

“KPK memiliki power dalam memberantas korupsi, jadi harus kita lindungi” tegas nya.

Aksi yang diikuti dengan penyalaan lilin oleh kader GMKI ini menyorot perhatian masyarakat yang melintasi jalan iskandar muda, Puluhan massa Aksi yang menutup jalan mengakibatkan arus macet dari arah pringgan menuju iskandar muda dan gatot subroto. (Pik)

Comments
Loading...