Gas Metan TPA Palingit Akan Disalurkan Kepada Masyarakat

MENARAnews, Kuala Kapuas, Kalteng – Pemkab Kapuas melalui Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) berencana mendistribusikan gas metan TPA Handil Palingit, Kecamatan Pulau Petak kepada masyarakat sekitar.

Rencana itu disampaikan Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat saat melihat uji coba gas metan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Handil Palingit, Sabtu (15/4/2017) sore. “Nanti program kita kedepan, kita alirkan gas-gas ini ke masyarakat perdesaan sekitar TPA, supaya ada gunanya,” katanya.

Menurut Ben sampah apabila di kelola dengan baik tentunya akan bermanfaat. “Contohnya di TPA ini gas metan dihasilkan dari sampah, apabila nanti gas ini sudah bisa dialirkan ke rumah-rumah maka tidak perlu lagi beli gas elpiji,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pertamanan dan Kebersihan Dinas PUPR-PKP Kabupaten Kapuas Ahmad Isnaeni mengungkapkan, gas metan yang diproduksi dari sampah tersebut rencananya akan didistribusikan kepada warga sekitar TPA untuk keperluan memasak dan berbagai keperluan lainnya.

Saat ini Dinas PUPRPKP tengah melakukan uji coba pemanfaatan gas metan dari 8 titik pipa yang tertanam di dalam tumpukan sampah TPA.Menurut Isnaeni gas metan yang dihasilkan dari tumpukan sampah TPA Handil Palingit kualitasnya cukup baik sehingga dapat dikembangkan oleh pihaknya.

Untuk itu, pada APBD perubahan 2017 nanti Dinas PUPRPKP melalui Bidang Pertamanan dan Kebersihan akan mengusulkan anggaran untuk kegiatan penyempurnaan instalasi gas metan dan penyediaannya.

“Penyediaan gas metan meliputi tabung gas dan kompor khusus gas metan. Jadi, itu nanti rencananya akan kita bagikan kepada masyarakat, terutama sasaran kita adalah masyarakat sekitar TPA,” katanya.

“Seperti warung-warung yang ada di depan TPA, itu nanti juga akan kita distribusikan gas metan supaya nanti sampah-sampah rumah tangga maupun sampah jualan bisa dibuang langsung ke TPA sehingga ada ketersediaan sampahnya,” tambah Isnaeni. (irf)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...