Gandeng Kepolisian, Mukomuko Inventarisir Mobnas

Tidak sesuai peruntukan harus ditarik!

MENARAnews, Kab. Mukomuko (Bengkulu) – Badan Keungan Daerah (BKD) Mukomuko sebagai instansi yang mengurusi aset daerah berencana akan menginventarisir dan menata ulang khususnya terkait mobil dinas (mobnas).

Hal itu seiring akan dilaksanakannya sensus barang milik daerah yang rencananya akan dilaksanakan pada triwulan kedua tahun 2017 ini.

“Saya masih baru juga disini jadi belum mengetahui persis dimana dan pada siapa mobnas ini berada serta jumlahnya, nanti kita akan sensus dan inventarisir lagi,” ujar Kepala Bidang Aset BKD Mukomuko, Juni Hardiansyah, S.Sos, kepada MENARAnews beberapa waktu lalu.

Ia menyampaikan, sebelumnya pendataan mobnas ini berada di SOPD masing-masing.

Sehingga apabila ada pelanggaran dan penyalahgunaan itu merupakan tanggung jawab pihak SOPD.

Ia mengatakan, mobnas terbagi dua yaitu mobil operasional dan mobil perorangan dinas atau jabatan.

Terkait pihak yang berhak menerimanya diatur dalam Permendagri No. 19 tahun 2016 tentang pedoman pengelolaan barang milik daerah.

“Pada Permendagri itu sudah jelas, mobnas digunakan oleh Pemerintah Daerah khususnya untuk pejabat eselon III ke atas, sementara diluar itu statusnya pinjam pakai seperti kepada unsur pimpinan DPRD dan instansi vertikal,” ungkapnya.

Ia menegaskan apabila ada penggunaan mobnas yang tidak sesuai dengan peruntukan dan jabatan maka harus dilakukan penarikan.

Rencananya, sensus akan dilakukan dengan menggandeng Polres Mukomuko.

“Kalau tidak sesuai peruntukan jawaban harus ditarik, harus itu, nanti kita lihat dulu statusnya, bisa saja pinjam pakai tetapi harus dicek lama wkatu peminjamannya, nanti kita tertibkan bersama Polres,” tutupnya. (AL)

Comments
Loading...